Sukses

4 Tenaga Medis RSUP Dr Sardjito Yogyakarta Positif Covid-19, Ini Riwayat Penularannya

Empat tenaga medis di RSUP Dr Sardjito Yogyakarta dinyatakan positif Corona Covid-19.

Liputan6.com, Yogyakarta - Empat tenaga medis di RSUP Dr. Sardjito Yogyakarta dinyatakan positif Corona Covid-19. Mereka terdiri dari tiga dokter dan seorang perawat.

"Mereka semua terpapar Corona Covid-19 bukan dari penularan lokal, tetapi ketika bersinggungan di Jakarta," ujar Banu Hermawan Kepala Bagian Hukum dan Humas RSUP Dr Sardjito, Senin (20/4/2020).

Kondisi tenaga medis saat ini secara klinis relatif membaik. Meskipun demikian, ia mengakui ada satu tenaga medis positif Corona Covid-19 yang sudah menjalani tiga kali uji seka dan hasilnya belum negatif.

Para tenaga medis itu masih menjalani isolasi dan mereka sudah memiliki self control (penguasan diri). RUSP Dr Sardjito memperketat pengawasan dan penanganan sehingga kejadian ini tidak meluas.

Banu menegaskan sebagai upaya perlindungan terhadap tenaga medis, RSUP Dr Sardjito memperketat screening terhadap pasien maupun pengunjung rumah sakit, bagi pasien maupun pengantar diwajibkan memakai masker.

Mereka juga harus menjalani pemeriksaan suhu tubuh. Apabila, terdapat pasien dengan suhu tubuh demam dan batuk, maka secara otomatis akan dibawa ke poli Covid-19.

"Masyarakat yang ingin berobat ke rumah sakit tolong dipatuhi, ini belum puncaknya Corona Covid-19 dan pakai masker jadi salah satu cara menghambat lajunya penularan," ucapnya.

Saat ini RSUP Dr Sardjito merawat lima pasien positif Corona Covid-19. Jika dijumlahkan dengan pasien dalam pengawasan (PDP), maka total pasien yang dirawat di RSUP Dr Sardjito sebanyak 19 orang.

Saksikan video pilihan berikut ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.