Sukses

Antisipasi Penularan Lokal, Pemkot Samarinda Siapkan RS Khusus Covid-19

Rumah Sakit Karantina Covid-19 dibangun Pemkot Samarinda untuk mengantipasi penularan lokal Covid-19.

Liputan6.com, Samarinda - Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Kota Samarinda telah menyiapkan Rumah Sakit Karantina Covid-19. Balai Pelatihan Kesehatan (Bapelkes) Kota Samarinda disulap menjadi tempat karantina.

Wali Kota Samarinda Syahrie Jaang menyebutkan, rumah sakit ini digunakan untuk persiapan isolasi pasien dengan status Pasien Dalam Pengawasan (PDP). Rumah sakit khusus ini disiapkan agar pelayanan rumah sakit umum bisa fokus pengobatan pasien terjangkit.

“Rumah sakit rujukan yang kita miliki juga ada keterbatasan ruang isolasi, kemudian pelayanan mereka juga menerima pasien secara umum juga, sehingga tidak mungkin semua melayani Covid-19,” kata Syahrie Jaang, Senin (20/4/2020).

Rumah sakit khusus ini, kata Jaang, juga disiapkan berdasarkan analisa tim gugus tugas. Berdasarkan analisa, Kota Samarinda akan menghadapi puncak pandemi dalam waktu dekat.

“Kita juga menjaga jangan sampai terjadi transmisi lokal di Kota Samarinda, antisipasinya dengan menyiapkan rumah sakit ini,” tambah Jaang yang juga menjabat Ketua Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Kota Samarinda.

Jaang menjelaskan, saat ini penelusuran dilakukan untuk warga yang punya potensi tertular, kemudian diarahkan ke rumah sakit khusus ini. Pelayanan diberikan untuk warga yang baru datang dari daerah terjangkit, atau warga yang punya kontak erat dengan salah satu klaster penyebaran Covid.

Begitu tiba di Rumah Sakit Karantina Covid-19 ini, warga akan menjalani rapid test. Jika hasilnya reaktif, langsung dimasukkan ke ruang isolasi.

“Jadi bukan rapid test massal, banyak tapi terbatas. Ada ODP tertentu yang sesuai dengan pertimbangan dari tim medis akan dipanggil ke sini,” kata Jaang.

Simak juga video pilihan berikut

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Khusus PDP Gejala Ringan

Kepala Dinas Kesehatan Kota Samarinda Ismed Kosasih menjelaskan, Rumah Sakit Karantina Covid-19 disediakan untuk PDP dengan gejala ringan. Setelah rapid test dinyatakan positif, pasien akan diperiksa kesehatannya.

“Jika ada gejala klinis sedang, apalagi berat, akan diarahkan ke rumah sakit rujukan untuk penanganan,” kata Ismed.

Hanya saja, upaya ini tergantung jumlah alat rapid test yang disediakan. Saat ini, sebut Ismed, jumlahnya masih terbatas.

“Jadi kita tracing siapa saja yang berpotensi, itu kita utamakan untuk rapid test,” katanya.

Dinas Kesehatan Kota Samarinda akan memaksimalkan rapid test yang ada untuk mempetakan penyebaran Covid-19. Semakin banyak yang menjalani rapid test, pemetaan akan semakin mudah dilakukan.

“Tujuan kita dari awal, paling tidak kita bisa menunda selama mungkin terjadinya transmisi lokal,” kata Ismed.

Klaster penyebaran Covid-19 yang paling diantisipasi adalah kalster ijtimak dunia Gowa. Pelaku perjalanan dari Gowa atau daerah terjangkit lainnya dan warga yang punya kontak erat dengan klaster itu akan menjadi prioritas rapid test dan di Rumah Sakit Karantina Covid-19.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.