Sukses

Wow, Ada Paket 'Work From Hotel' di Cirebon, Mau?

Liputan6.com, Cirebon - Pandemi covid-19 berdampak signifikan di sektor pariwisata di Cirebon. Penurunan okupansi membuat pengelola hotel kelimpungan.

Tercatat sebanyak tujuh hotel di Kota Cirebon memutuskan untuk tutup sementara waktu selama masa pandemi Covid-19.

Beberapa hotel lain memilih tetap beroperasi meski okupansi tidak sesuai harapan. Berbagai cara dilakukan pengelola hotel ditengah physical distancing Covid-19.

"Masih beroperasi dan kami tetap menerapkan physical distancing karyawan dikurangi jam kerja kemudian di shift ada yang kerja dari rumah ada yang stay di hotel," kata PR Metland Hotel Cirebon Wily Asih, Sabtu (18/4/2020).

Dalam upaya mengelola operasional hotel, Wily mengaku membuat paket khusus. Hotel bintang tiga di Kota Cirebon ini membuat paket work from hotel (WFH).

Dia menjelaskan, paket tersebut untuk merespons masyarakat yang merasa bosan bekerja dari rumah. Paket yang disediakan dalam kurun waktu dua minggu hingga satu bulan.

"Stay longer and healthier biasanya untuk orang yang kerja atau warga lain yang ingin mendapat suasana baru selama WFH," ujar Wily.

Sejumlah layanan dan fasilitas disediakan pengelola hotel di Cirebon. Mulai dari sarapan, makan siang, makan malam hingga jasa laundry.

**Ayo berdonasi untuk perlengkapan medis tenaga kesehatan melawan Virus Corona COVID-19 dengan klik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Okupansi Turun

Dia mengaku harga paket yang disediakan selama pandemi covid-19 ini lebih hemat 40 persen dari harga corporate pada umumnya Rp450 ribu per malam.

Untuk paket minimal dua minggu dibanderol Rp5,6 jutaan per orang. Sementara untuk paket satu bulan Rp12 jutaan per orang.

"Kalau mau dua orang untuk dua minggu Rp 7 juta dan satu bulan Rp 15 juta. Kami selalu memperhatikan protokoler kesehatan tim kami selalu pakai masker jadi kebersihan kamar terjamin," ujar dia.

Wily mengaku tidak sedikit hotel yang masih beroperasi di Kota Cirebon memberi diskon harga kamar yang cukup besar. Pemberian diskon tersebut untuk mendongkrak okupansi.

Dia menyebutkan, selama masa pandemi covid-19 okupansi merosot tajam. Hotel Metland sendiri okupansinya turun 20 persen dibandingkan sebelum pandemi rata-rata 90 persen.

"Kami bersyukur masih bisa bertahan di 20 persen sampai sekarang. Melihat okupansi tersebut akhirnya kami punya ide buat paket stay longer and healthier ini," ujar dia.

Wily menyebutkan, paket menginap yang disediakan berlaku mulai 15 April sampai 20 Mei 2020. Dia memastikan pelayanan hotel akan tetap maksimal ditengah pandemi covid-19.

"Ini bagian dari cara kami bertahan ditengah pandemi dan semoga segera berakhir sehingga kondisi normal kembali," harap Wily.

3 dari 3 halaman

Saksikan video pilihan berikut ini: