Sukses

Pola Baru Penyebaran COVID-19 di Bumi Cenderawasih

Sebelumnya, klaster penyebaran virus corona di Papua tersebar melalui orang yang baru pulang dari kegiatan keagamaan di Bogor, Lembang, Gowa

Liputan6.com, Jayapura – Satgas COVID-19 Papua menyebutkan terjadi pola baru dalam penyebaran virus corona COVID-19 di Bumi Cenderawasih.

Sebelumnya, penyebaran virus corona di Papua tersebar melalui orang yang baru pulang dari kegiatan keagamaan di Bogor, Lembang, dan Gowa.

Juru bicara Satgas COVID-19 Papua, dokter Silwanus Sumule menyebutkan saat ini pola penyebaran corona COVID-19 di Papua terdeteksi melalui kontak lokal.

“Ada 3 pasien orang asli Papua yang positif COVID-19. Tiga orang ini tidak ada hubungannya dengan pola penularan dari luar Papua. Sehingga kami menyimpulkan bahwa di Papua sudah ditemukan kasus penularan lokal,” katanya, Minggu (12/4/2020)

Sementara itu, dokter Aaron Rumainum mengungkapkan penyebaran transmisi lokal akan lebih rentan penularannya. “Kita bisa saja tertular COVID-19, meskipun kita tidak terinfeksi,” ujar dokter Aaron.

Aaron berharap semua pihak tetap memberikan semangat satu sama lain untuk melawan COVID-19 di Papua. Dukungan moral dan spiritual tetap dibutuhkan oleh tim medis, keluarga pasien COVID-19 dan pasien COVID-19 yang masih dalam perawatan

“Kami juga berharap masyarakat Papua tetap menerapkan hidup sehat dan ikuti aturan yang diberikan oleh pemerintah. Satu sama lain juga harus mendukung  dan perlu diingat bahwa penyakit COVID-19 bukan penyakit aib. Tetap dukung anggota keluarga yang menderita COVID-19. Berikan dukungan mental dan spiritual,” katanya.

Hingga Minggu (12/4/2020) sore, pasien positif COVID-19 di Papua  mencapai 61 orang dengan sebaran pada 6 daerah yakni Kota Jayapura, Kabupaten Jayapura, Sarmi, Mimika dan Merauke dan Keerom.

Dari 61 orang positif COVID-19, terdapat 45 orang  dalam perawatan dan orang dalam pemantauan (ODP) sebanyak 3143 orang.

“Ada 9 pasien kami yang sembuh COVID-19 dan 7 pasien yang meninggal dunia. Pasien yang meninggal dunia ini sebarannya di Kota Jayapura, Kabupaten Mimika dan Jayapura,” ujar Silwanus.

**Ayo berdonasi untuk perlengkapan medis tenaga kesehatan melawan Virus Corona COVID-19 dengan klik tautan ini.

 

Simak video pilihan berikut ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.