Sukses

Viral Anggota DPRD Blora Tidur Pulas Saat Musrenbangda

Liputan6.com, Blora - Ada-ada saja kabar dari DPRD Blora. Usai heboh anggota DPRD Blora ngamuk-ngamuk saat dicek kesehatan terkait Covid-19, kini seorang anggota dewan kedapatan tidur pulas saat berlangsung Musyawarah Rencana Pembangunan Daerah (Musrenbangda) Blora.

Musrenbangda adalah rapat tahapan penting untuk merancang kemajuan pembangunan setiap tahun. Namun, saat rapat itu digelar di tengah pandemi corona Covid-19 justru ada anggota DPRD yang tidur pulas.

"Ojo difoto, ojo difoto (jangan di foto, jangan di foto)," ucap salah satu rekan anggota DPRD Blora, meminta agar tidak mengambil foto itu, Rabu (8/4/2020).

Musrenbangda Blora digelar sekitar pukul 09.00 WIB hingga pukul 12.00 WIB. Momen oknum anggota DPRD Blora sedang tertidur pulas sekitar satu jam setelah dimulainya musyawarah ini. Foto oknum tersebut terabadikan dalam foto kamera pada pukul 09.51 WIB.

Saat itu, tengah berlangsung paparan dari Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) Blora ke forum Musrenbangda menyampaikan poin penting rencana kerja pemerintah daerah (RKPD) yang memuat kerangka ekonomi keuangan daerah, sasaran prioritas pembangunan, rencana kerja pendanaan daerah, serta kinerja Pemkab Blora.

Menurut peserta Musrenbangda Blora, Seno Margo Utomo, rapat tersebut merupakan bahasan penting merancang nasib Blora tahun 2021. Apabila di tengah rapat kedapatan ada wakil rakyat yang tidur, tentu akan menjadi catatan buruk warga.

"Kemarin viral DPRD Blora ngamuk-ngamuk, ginjal-ginjal, dan misuh-misuh saat dites Covid-19. Ini malah diulangi lagi, merancang pembangunan Blora 2021 sambil tidur," katanya.

Seno bilang kasus DPRD Blora beberapa waktu lalu belum rampung. Kasus tersebut masih dalam proses Badan Kehormatan (BK) DPRD Blora setelah dilaporkan masyarakat melalu Gerakan Rakyat Menggugat (GERAM).

"Ini kesekian kalinya mereka melakukan kesalahan, masyarakat menunggu hasil keputusan dari BK," ucap Seno.

 

**Ayo berdonasi untuk perlengkapan medis tenaga kesehatan melawan Virus Corona COVID-19 dengan klik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Klarifikasi Anggota DPRD Tidur

Diketahui, pembahasan musrenbangda Blora tahun 2021 berlangsung dengan Video Conference akibat pandemi corona Covid-19 yang dipusatkan di pendopo rumah dinas bupati dan diikuti peserta yang terbagi menjadi tujuh titik. Salah satunya di pendopo DPRD Kabupaten Blora.

Anggota DPRD Blora yang kedapatan tertidur, saat dikonfirmasi Liputan6.com menampik dirinya dikatakan tengah tertidur di tengah Musrenbangda. Dia bilang, mengetahui ada wartawan yang mengambil foto dokumentasinya.

"Kalau tidur mestinya tangan saya jatuh Mas, waktu wartawan foto saya tau kok," ucap anggota DPRD Blora ini.

Dia mengaku punya kebiasaan seperti orang yang tengah tertidur pulas.

"Kulo biasa begitu pegang janggut sambil elus-elus, mata kadang melek merem tapi nggak tidur. (Saya biasa begitu pegang dagu sambil mengusap-usap, terkadang tutup buka mata tapi nggak tidur)," dia menjelaskan.

Ketua DPRD Blora, HM Dasum meminta maaf apabila ada peristiwa 'ketidakpatutan' anggotanya tertidur pulas di tengah Musrenbangda Blora. Dia bilang, yang bersangkutan mungkin kecapekan.

"Nanti akan saya tegur, mungkin yang bersangkutan kecapekan," ucap Dasum yang juga Ketua PDI Perjuangan Blora itu.

Hal senada juga di sampaikan oleh Wakil ketua DPRD Blora, Siswanto. Dia bilang, yang bersangkutan kecapekan karena Cepu dilanda banjir.

"Mungkin yang bersangkutan kecapekan mengurusi banjir di Cepu semalam," kata Siswanto.

3 dari 3 halaman

Simak Video Pilihan Berikut Ini: