Sukses

Akhirnya Kaltim Kedatangan 4 Ribu APD

Sebanyak 4 ribu APD bagi tenaga medis tiba di Kaltim.

Liputan6.com, Samarinda - Setelah sekian lama menangani pasien Covid-19 dengan keterbatasan, 4 ribu Alat Pelindung Diri (APD) bagi petugas kesehatan akhirnya tiba di Kaltim. APD tersebut dikirim menggunakan pesawat milik TNI Angkatan Udara melalui Lanud Dhomber Balikpapan.

Kedatangan APD ini cukup menggembirakan dan jadi penyemangat petugas medis di tengan pandemi Covid-19. Apalagi di Kaltim saat ini tercatat ada 25 pasien terkonfirmasi ositif Covid-19 dan puluhan lainnya masuk kategori Pasien Dalam Pengawasan (PDP).

Juru Bicara Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Provinsi Kaltim Andi M Ishak menjelaskan, APD yang datang berupa 4 ribu APD, dan 20 ribu masker medis. Jumlah ini dianggap cukup untuk sementara waktu.

“Ini jadi penyemangat kita dalam menangani pandemi Covid-19 dan rencananya langsung akan kita distribusikan ke seluruh Kaltim,” kata Andi, Senin (6/4/2020).

Pendistribusian diutamakan ke rumah sakit rujukan serta ke sejumlah fasilitas kesehatan seperti Puskesmas. Meski demikian, rumah sakit non rujukan juga akan mendapat bantuan mengantisipasi jika ada pasien dengan gejala Covid-19.

“Kita harapkan APD yang datang bisa membantu petugas medis untuk maksimal menangani pasien,” katanya.

Untuk pengadaan APD secara mandiri, Andi menyebut pihaknya sudah melakukan pemesanan. Hanya saja, barang belum bisa langsung dikirim karena masih proses pembuatan.

“Dinas Kesehatan kabupaten dan kota se-Kaltim juga sudah melakukan pengadaan barang APD ini. Hanya saja, meski uangnya ada, barangnya masih sulit didapat,” katanya.

Saat ini pasien terkonfirmasi positif Covid-19 di Kaltim mencapai 25 pasien. Semuanya tersebar di sejumlah rumah sakit rujukan yang ada di Kaltim.

Simak juga video pilihan berikut:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.