Sukses

Senam Pagi Ala Polisi di Palembang Tangkal Corona Covid-19

Liputan6.com, Palembang - Pasca satu orang warga Kota Palembang Sumatera Selatan (Sumsel) dinyatakan positif terjangkit Corona Covid-19, antisipasi dilakukan oleh pemerintah daerah dan instansi terkait untuk memutus rantai penyebaran Virus Corona ini.

Seperti yang dilakukan polisi di Kota Palembang dengan menerapkan hidup sehat. Salah satu cara yaitu dengan menggelar senam pagi bersama, yang diterapkan di Polrestabes Palembang Sumsel.

Senam pagi ini dilaksanakan sesuai arahan Kapolrestabes Palembang Kombes Pol Anom Setyadji. Kegiatan ini wajib diikuti oleh seluruh anggota kepolisian di Polrestabes Palembang.

Kasat Sabhara Polrestabes Palembang Kompol Sutrisno mengatakan, senam pagi ini biasanya dilakukan setiap hari Jumat pagi. Namun kali ini, akan digelar setiap harinya di pagi hari.

"Senam ini merupakan salah satu langkah atau upaya pencegahan penyakit, virus, termasuk yang saat ini mewabah yakni virus Corona," ujarnya, Kamis (26/3/2020).

Ada sekitar 200 personil anggota yang terdiri dari Satreskrim, Satlantas, Satnarkoba, Sat Sabhara, Sat Intelkam hingga Pegawai Negeri Sipil (PNS) di Polrestabes Palembang, yang mengikuti senam pagi.

Menurutnya, senam pagi ini tidak hanya bisa diikuti oleh personel polisi saja. Namun warga di sekitar Mapolrestabes Palembang hingga pengunjung, bisa ikut serta untuk menjaga kesehatan. Senam pagi ini akan digelar setiap pagi selama 20 menit.

Selain menggelar senam pagi, Polrestabes Palembang juga memeriksa suhu tubuh anggota Polri, pengunjung hingga tahanan Polrestabes Palembang.

"Upaya pencegahan wabah Covid-19 memang harus dilakukan secara menyeluruh dan maksimal. Salah satunya dengan senam sehat ini," ungkapnya.

 

2 dari 2 halaman

Wajib Cuci Tangan

Ada juga fasilitas cuci tangan berupa instalasi saluran air dan tabung air serta kerangka box penyemprotan cairan antiseptik, yang disiapkan di pintu masuk.

Kapolrestabes Palembang Kombes Pol Anom Setyadji mengatakan, pintu sterilisasi ini dioperasikan bagi pengunjung baik anggota Polri maupun masyarakat.

“Setiap pengunjung harus mencuci tangan terlebih dahulu, lalu melewati pintu sterilisasi dekat pintu masuk aula Mapolrestabes Palembang,” katanya.

Saat melewati pintu sterilisasi, pengunjung disemprot cairan berupa air yang dicampur antiseptik pembunuh kuman maupun bakteri.

Fasilitas ini juga dipasang di pintu masuk Polsek Seberang Ulu (SU) I Palembang Sumsel. Ada fasilitas untuk mencuci tangan, yaitu berupa instalasi saluran air, tangki air, wastafel, sabun dan hand sanitizer.

"Inilah upaya kita mencegah penyebaran Covid-19. Seperti di Mapolsek Seberang Ulu (SU) I juga. Setiap pengunjung yang datang harus mencuci tangan terlebih dahulu," kata Kapolsek SU I Kompol Mario Ivanry.

Loading
Artikel Selanjutnya
Sumbar Bakal Punya Laboratorium untuk Uji Sampel Virus Corona Covid-19
Artikel Selanjutnya
Kabar Baik, Pasien Positif Covid-19 Pertama Kalbar Dinyatakan Negatif di Tes Swab Kedua