Sukses

Pulang dari Paris, Pria di Batam Positif Virus Corona Covid-19

Liputan6.com, Batam - Pasien positif virus Corona Covid 19 kembali bertambah satu di Provinsi Kepulauan Riau. Pasien yang diketahui berusia sekitar 32 tahun tersebut kini berada di ruang isolasi RSBP Batam.

“Dapat kami sampaikan bahwa pasien nomor 2 (positif terjangkit covid-19) di Batam saat ini dirawat di RS Badan Pengusahaan (RSBP) Batam di Sekupang,” Walikota Batam Muhammad Rudi, saat Konferensi Pers di Kantor Walikot Batam, Jumat Petang (20/3/2020).

Rudi mengatakan pasien yang tengah dirawat di ruang isolasi tersebut bukan warga Kepri. Pasien positif Corona Covid-19 ini diketahui memiliki riwayat perjalanan ke Paris, Prancis belum lama ini.

"Dari Malaysia dari tanggal 25 Februari 2020 sampai dengan tanggal 1 Maret 2020. Dari sana kemudian dia berangkat ke Paris, Prancis, sampai 12 Maret 2020,” ucapnya.

Selama berada di kota Paris, pasien positif Covid-19 tersebut berinteraksi dengan rekannya yang ada di negara itu. Saat itu, temannya tersebut mengalami demam, batuk dan pilek.

Adapun riwayat perjalanannya ketika menuju ke Batam, yakni sekitar tanggal 12 Maret 2020, pasien berjenis kelamin laki-laki tersebut ke Singapura dan tiba di Bandara Changi pada 13 Maret 2020.

Dari sana, pasien yang akhirnya dinyatakan positif Corona Covid-19 tersebut melanjutkan perjalanan ke Harbour Front lalu menuju Batam tepatnya di Pelabuhan Sekupang sekitar jam 18.40 WIB.

 

2 dari 3 halaman

Total 4 Pasien Positif Covid-19 di Kepri

Pasien yang kini ditangani tim medis RSBP Batam tersebut lantas menumpang taksi menuju apartemen yang berada di kawasan Batam Center.

“Sudah dilakukan pemeriksaan oleh tim dokter di RSBP Batam. Terhadap pasien juga sudah dilakukan penanganan radiologi dan uji lab. Hasil pemeriksaan mengarah suspect bronkopienomia. Hasil pemeriksaan darah, pasien kemudian dinyatakan positif Covid-19,” ujarnya.

Yang saat ini sedang dilakukan proses kontact tracking terhadap semua orang ditengarai telah berinteraksi dengan kasus 04 ini. Sampai sejauh ini terdata ada 131 orang terdiri dari penumpang Kapal Ferfy dan kru serta pengemudi taksi.

Semuanya bakal dipantau gejala yang timbul. Sedangkan untuk closed kontak tenaga kesehatan dokter, perawat, analis, dan yang lainnya di rumah sakit yang merawat relatif aman karena mereka menggunakan Alat Pelindung Diri (APD).

Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Kepri Tjetjep Yudiana mengatakan, kasus positif Corona Covid-19 ini adalah yang ke-4 di Batam. Dia klaster baru. Namun dari pusat belum menentukan.

"Kalau kemarin kasus nomor 3 dari klaster Bogor. Nah, kalau yang sekarang paparan virusnya dari luar negeri," kata Tjetjep.

Total Pasien positif untuk Provinsi Kepri berjumlah empat orang. Meliputi Tanjung Pinang satu orang, Kabupaten Karimun 1 orang, dan Batam dua orang.

3 dari 3 halaman

Simak juga video pilihan berikut ini:

Loading
Artikel Selanjutnya
Bayi 1,5 Bulan PDP Covid-19 Diisolasi di Jayapura
Artikel Selanjutnya
Penumpang Kereta Api untuk Sementara Waktu Diminta Jaga Jarak Sosial