Sukses

Bima Arya Positif Covid-19, Ridwan Kamil Minta Kepala Daerah di Jabar Ikut Tes

Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil meminta sejumlah kepala daerah melakukan tes virus corona Covid-19.

Liputan6.com, Bandung - Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil meminta sejumlah kepala daerah melakukan tes virus Corona Covid-19. Tes yang dilakukan pihak Labkesda Jabar itu sebelumnya pernah dilakukan Wali Kota Bogor Bima Arya.

"Saya laporkan apa adanya. Hari ini yang menjalani tes adalah Wali Kota Bekasi, Wali Kota Bandung, Wali Kota Depok dan Bupati Bogor," kata pria yang akrab disapa Emil itu di Gedung Sate Bandung, Jumat (20/3/2020).

Emil menjelaskan, hasil tes corona Covid-19 di Labkesda Jabar bisa keluar dalam hitungan jam. Oleh karena itu, penanganan terhadap orang yang terjangkit virus ini jadi bisa lebih cepat dilakukan.

"Karena itu saya dahulukan kepada kepala daerah yang di lingkungannya (penyebaran corona) ada yang positif," ucapnya.

Meski begitu alat untuk menguji sampel swab saat ini terbatas. Sehingga, tes ini diprioritaskan untuk daerah yang terdampak pandemi corona.

"Karena jumlah terbatas, saya harus pake urutan dulu di zona yang ada positifnya. Nanti di zona yang PDP-nya banyak," ujarnya.

Emil juga mengatakan hasil tes corona Covid-19 di Labkesda Jabar sama dengan yang diumumkan di pusat. "Semua hasil tes dari Labkesda Jabar jadi data rujukan," katanya.

Mantan wali kota Bandung ini juga mengaku sudah menjalani tes Covid-19 akhir pekan lalu dan dinyatakan negatif. "Saya sudah minggu lalu. Hasilnya negatif sama istri," ujarnya.

Emil mengatakan, Bima Arya dinyatakan positif setelah proaktif melakukan tes dari Labkesda Jabar. "Atas izin Pak Wali Kota Bogor, saya menyampaikan bahwa Kang Bima Arya hasil tesnya positif. Itu adalah hasil tes yang kita lakukan Sabtu lalu," ujarnya.

Simak video pilihan di bawah ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.