Sukses

Dinas Kesehatan DIY Rilis Peta Sebaran Kasus Corona COVID-19

Liputan6.com, Yogyakarta Dinas Kesehatan DIY meluncurkan peta sebaran kasus Corona COVID-19 di DIY, Rabu (18/3/2020). Peta yang diakses melalui situs http://corona.jogjaprov.go.id/map-covid-19-diy akan diperbarui berdasarkan laporan atau dinamika kasus Corona COVID-19 di DIY.

Di dalam peta terdapat tiga titik warna, yakni merah, oranye, dan biru. Setiap titik warna memiliki artinya masing-masing.

Titik merah di suatu lokasi untuk menunjukkan pasien positif Corona COVID-19. Oranye menunjukkan pasien dalam pengawasan (PDP) dan biru berarti orang dalam pemantauan (ODP).

Titik lokasi tidak menunjuk alamat persis masing-masing kasus, melainkan hanya menggacu pada kecamatan yang tertera pada identitas kasus.

"Kami berharap peta ini dapat memberikan informasi kepada masyarakat," ujar Berty Murtiningsih, juru bicara Pemprov DIY untuk penanganan COVID-19.

Ia menilai angka yang terdapat dalam peta sebaran ini dapat meningkatkan kewaspadaan masyarakat. Meskipun demikian, ia menegaskan peta ini tidak menunjukkan zona merah.

"Karena secara epidemiologis wilayah DIY ini adalah wilayah yang padat, tidak terpisahkan, sehingga jangan dimaknai bahwa hanya kecamatan yang ada kasus yang perlu waspada," ucapnya.

Ia juga meminta masyarakat DIY tidak panik menghadapi Corona COVID-19. Arahan Gubernur DIY bisa menjadi acuan, seperti mengurangi aktivitas di luar rumah, menghindari kerumunan, rajin menjaga kebersihan, serta meningkatkan stamina tubuh.

 

Simak video pilihan berikut ini: