Sukses

Aksi Batman Bagi-Bagi Jamu Tolak Virus Corona di Solo

Dua superhero Batman dan Gundala membagikan minuman tradisional jamu dan empon-empon kepada para pengguna jalan di Solo Baru.

Liputan6.com, Solo - Merebaknya wabah virus corona (Covid-19) membuat superhero Batman dan Gundala ikut 'turun gunung' membantu warga meningkatkan daya tahan tubuh. Caranya dengan membagikan minuman jamu dan empon-empon kepada warga di kawasan Solo Baru, Rabu, (4/3/2020).

Aksi bagi-bagi jamu itu dipusatkan di simpang empat The Park Solo Baru. Dalam aksinya sang Batman bertugas membawa poster bertuliskan pesan dan cara pencegahan virus corona. Selain itu ia juga berteriak-teriak mensosialisasikan gaya hidup sehat guna mencegah penyebaran virus corona (Covid-19).

Sementara Gundala Putra Petir tampil dengan menggendong bakul kecil yang berisi botol minuman jamu. Jamu tradisional yang dibawanya antara lain beras kecnur, temulawak, jahe dan kunir. Tak hanya itu, Gundala juga membagikan bungkusan plastik yang berisi potongan empon-empon yang digunakan sebagai ramun tradisional untuk direbus dan diminum.

Aksi kompak dua tokoh superhero itu itu terlihat ketika lampu lalu lintas sedang menyala merah. Mereka menawarkan racikan jamu tradisional kepada pengendara kendaraan motor. Baik pengendara kendaraan bermotor roda dua maupun roda empat langsung meminta segela minuman jamu untuk diminum seketika.

Simak juga video pilihan berikut ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Gaya Hidup Sehat

Gundala pun menawarkan bagi warga yang tidak ingin minum jamu di tempat bisa memilih untuk mmebawa pulang bungkusan plastik yang berisi empon-empon. Bungkusan rimpang itu juga laris manis diminta pengendaran kendaraan bermotor untuk dibawa pulang. Kiranya penyebaran virus corona menyebabkan masyarakat berniat untuk meningkatkan daya tahan tubuh dengan mengonumsi jamu.

Penggagas aksi bagi-jamu jamu untuk melawan virus corona, Danar Widanarko mengatakan, aksi tersebut digelar sebagai tindak lanjut untuk ikut menenangkan kepada masyarakat agar tidak panik setelah virus vorona masuk ke Indonesia. Caranya dengan mensosialisasikan pencegahan tertularnya virus tetsebut. Apalagi seorang peneliti berpendapat bahwa empon-empon efektif meningkatkan daya tahan tubuh sehingga dapat terhindar dari virus corona.

"Walaupun belum pasti menyembuhkan tapi minimal membuat daya tahan tubuh meningkat. Makanya Sukoharjo sebagai kota jamu yang stok empon-empon melimpah kita bagikan kepada warga untuk dikonsumsi agar daya tahan tubuh meningkat dan terhindari dari corona," kata dia yang dalam aksi itu memakai kostum superhero Batman.

Selain membagikan jamu, dalam aksi tersebut Widanarko juga membagikan pamlfet kepada pengguna jalan. Pamflet itu berisi panduan perilaku hidup sehat, karena dengan perilaku seperti itu virus corona dapat dicegah penularannya.

"Perilaku hidup sehat seperti cuci tangan dengan alkohl 80 persen, bagaimana jika merasakan flu berkepanjangan untuk dibawa ke rumah sakit," ujarnya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.