Sukses

Waspada, Cuaca Ekstrem Berpotensi Terjadi di Jabar hingga 19 Februari

Liputan6.com, Bandung Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Jawa Barat mengeluarkan prospek cuaca ekstrem yang akan melanda Jabar dari Senin (17/2/2020) hingga Rabu (19/2/2029).

Prospek cuaca ekstrem selama tiga hari ke depan tersebut meliputi potensi hujan sedang hingga lebat dan potensi hujan disertai angin kencang dan petir.

Prakirawan BMKG Jabar Retno Kartika menyebutkan, terpantau adanya indikasi potensi cuaca ekstrem yang dikarenakan adanya massa udara basah di lapisan rendah yang terkonsentrasi di sebagian wilayah Indonesia khususnya di wilayah Jawa Barat.

"Wilayah Jawa Barat juga merupakan daerah yang memiliki potensi konvektif dari faktor lokal dengan nilai indeks labilitas atmosfer sedang/kuat," kata Retno.

BMKG merilis sejumlah wilayah yang berpotensi mengalami hujan sedang hingga lebat selama tiga hari ke depan sebagai berikut.

Senin, 17 Februari 2020, wilayah Depok, Bekasi, Cianjur, Purwakarta, Subang, Tasikmalaya, Garut, Majalengka, Kuningan, Cirebon, dan Indramayu.

Sedangkan pada Selasa, 18 Februari 2020 wilayah yang berpotensi mengalami hujan sedang hingga lebat meliputi Depok, Purwakarta, Bekasi, Subang, Bandung, Majalengka, Cirebon, Indramayu, dan Pangandaran.

Untuk Rabu, 19 Februari 2020, meliputi wilayah Depok, Bekasi, Cianjur, Sukabumi, Purwakarta, Garut, Subang, Sumedang, Majalengka, Kuningan, Cirebon, Indramayu, Ciamis, dan Pangandaran.

Adapun wilayah yang berpotensi hujan disertai angin kencang dan petir adalah sebagai berikut.

Senin, 17 Februari 2020, meliputi wilayah Bogor, Bandung, Purwakarta, Subang, Sumedang, dan Sukabumi.

Pada Selasa, 18 Februari 2020, meliputi wilayah Bogor, Sukabumi, Cianjur, Garut, Tasikmalaya, Ciamis, Banjar, Bandung, Sumedang, dan Kuningan.

Untuk Rabu, 19 Februari 2020, potensi hujan disertai angin kencang meliputi Bogor, Garut, Tasikmalaya, Ciamis, Banjar, dan Bandung.

 

Simak video pilihan di bawah ini:

 

Loading
Artikel Selanjutnya
Xiaomi Rilis Smart TV 4K 55 Inci, Cuma Rp 4 Jutaan
Artikel Selanjutnya
16 Tim Esports Siap Tanding di Grand Final PUBG Mobile Pro League 2020