Sukses

Tiap Hari Lahir 11 Single Parent Akibat Gaya Hidup 'Bang Thoyib'?

Pamit merantau kemudian menghilang. Inilah salah satu modus lelaki tak bertanggung jawab.

Liputan6.com, Semarang - Mari berkisah tentang musabab perceraian. Bisa diawali dari lirik lagu dangdut.

"Tiga kali puasa, tiga kali lebaran. Abang tak pulang, pulang, anakmu anakmu panggil-panggil namamu"

Rupanya lirik lagu Bang Thoyib, tak hanya sekadar lirik. Sandy dan Dori resmi bercerai, alasan sang istri, karena ditinggal merantau oleh suaminya yang tak kunjung pulang.

"Lama-lama kok nggak ada kabar, Anak saya tanya tentang ayahnya dimana. Saya bilang ayahnya kerja," kata Sandy, di teras masjid Pengadilan Agama 1A Semarang

Hal tersebut bermula ketika sang suami pergi mencari nafkah di Kalimatan selama 2 tahun. Karena perusahaan bangkrut, sang suami dimutasi ke Jakarta.

Tak terasa di 2 tahun berikutnya, tak ada lagi kabar dari Dori, sang suami. Nafkah juga berhenti. Dan Sandy harus membanting tulang untuk biaya hidup anak-anaknya dengan berjualan jajanan di pasar-pasar atau dititipkan ke sekolah-sekolah.

Lama tak ada kabar, Sandy lalu mengajak ketiga anaknya menyusul ke Jakarta berbekal alamat yang ia kantongi. Kaget bukan kepalang, bahwa satpam di perusahaan tempat suaminya bekerja, mengatakan bahwa Dori sudah beristeri namun namanya bukanlah Sandy. 

"Kaget banget, tapi aku mencoba sabar dan tabah. Karena kan ada banyak orang. Aku juga selalu berusaha menyembunyikan kesedihan di depan anak-anak," kisahnya.

Atas kejadian itu Sandy menggugat cerai di Pengadilan Agama. Putusan sidang perceraian sudah didapatkan. Palu hakim sudah memutuskan pasutri ini bercerai. Selama sidang, Dori tak pernah hadir. 

Kasus serupa banyak terjadi di Semarang yang menimbulkan perceraian gaib. Yakni menggugat curai, karena suami merantau dan tak kunjung pulang dan faktor-faktor lain seperti faktor ekonomi, KDRT, dan kasus lainnya. Pengadilan Agama IA Kota Semarang mencatat sebanyak 3.876 kasus perceraian yang berhasil diputuskan selama 2019.

Terhitung pula ada 2.337 gugatan perceraian yang diajukan istri. Sementara permohonan perceraian yang diajukan pihak suami atau cerai talak hanya berjumlah 324.

Jadi dalam sehari selama 2019, lahir single parent baru akibat gaya 'Bang Thoyib'. (Shela Al Kautsar/PWN)

 

 

simak video pilihan berikut

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.