Sukses

Ramai-ramai Warga Mamuju Tangkap Ular Piton Sepanjang 6 Meter

Penampakan ular piton sebenarnya bukan lagi hal yang langka bagi warga setempat. Hanya saja biasanya ular yang menampakkan diri hanyalah ular yang berukuran kecil saja.

Liputan6.com, Mamuju - - Warga Dusun Dolangan, Desa Saletto, Kecamatan Simboro, Kabupaten Mamuju, Sulawesi Barat (Sulbar) digegerkan dengan penangkapan ular piton dengan panjang enam meter. Ular Python itu ditemukan saat hendak menuju pemukiman warga pada Sabtu 8 Februari 2020 sekitar pukul 22.00 Wita.

Penampakan ular piton sebenarnya bukan lagi hal yang langka bagi warga setempat. Hanya saja biasanya ular yang menampakkan diri hanyalah ular yang berukuran kecil saja. 

Apalagi Desa Salletto memang berada di daerah perbukitan yang yang masih rimbun akan pepohonan dan berjarak kurang lebih 8 kilometer dari pusat Kabupaten Mamuju. Daerah itu masuk dalam jalan Trans Sulawesi yang terkenal akan jalan bukit menanjak nanberliku.

"Kalau ular ukuran kecil sering kita temukan disini, apa lagi daerah disini masih banyak hutan. Namun untuk ukuran yang besar seperti ini baru kali ini kita dapati, apa lagi panjangnya memcapai enam meter, ini mengejutkan warga," kata Habsi.

Hasbi menduga, ular piton berukuran besar ini masuk ke pemukiman warga untuk mencari mangsa. Apalagi sebagian besar warga di Dusun Dolangan itu melihara ternak berupa ayam kampung.

"Mungkin ular itu lapar dan ingin mencari mangsa, sehingga akan masuk ke dalam kampung," ujar Hasbi.

Warga terpaksa melumpuhkan ular piton tersebut dengan cara memukul kepalanya menggunakan kayu saat hendak menangkapnya. Setelah itu, barulah warga sekitar berbondong-bondong datang untuk melihat ular tersebut.

"Ular piton tersebut terpaksa di bunuh warga karena saat akan ditangkap oleh warga ular itu melakukan perlawanan. Dari pada ada warga yang menjadi korban nantinya," jelas Hasbi.

Saksikan juga video pilihan berikut ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.