Sukses

Menjelajah Pesona Ribuan Lampion Imlek di Kampung Jokowi

Sebanyak 5.000 lampion terpasang di kawasan Pasar Gede hingga Jalan Jenderal Sudirman Solo untuk menyambut Tahun Baru Imlek 2020. Pengunjung pun memadati kawasan tersebut untuk menikmati keindahan pencah cahaya lampion

Liputan6.com, Solo - Solo bersolek jelang Tahun Baru Imlek 2019. Sebanyak 5.000 lampion dipasang di sekitar kawasan Pasar Gede hingga kawasan Jalan Jenderal Sudirman, Solo.

Keberadaan lampion yang  bakal terpasang selama satu bulan penuh itu telah menjadi daya tarik masyarakat dan wisatawan untuk menikmati keindahan pendar cahaya lampion yang terpasang di kawasan tersebut.

Ribuan lampion itu telah dipasang sejak awal bulan Desember 2019 silam. Kini jalan-jalan yang menuju kawasan Pasar Gede, Solo pun seolah disulap menyerupai kawasasan China Town lengkap dengan pernak pernik hiasan lampion dan warna-warni lampu hias. Bahkan, sejumlah lampion berbentuk shio dengan ukuran tinggi sekitar 1,5 meter ikut mejeng di kawasan Jalan Urip Sumoharjo dan Jenderal Sudirman, Solo.

Ribuan lampion itu mulai dinyalakan secara resmi pada Rabu, 15 Januari 2020. Ribuan pengunjung pun langsung memadati kawasan Pasar Gede dan Jembatan Kali Pepe sejak sore hari. Bahkan, saking banyaknya pengunjung yang berswafoto maupun foto bersama menyebabkan jalan di kawasan tersebut menjadi melambat.

Lampion-lampion tersebut mulai menyala setiap hari sekitar pukul 18.00 WIB. Selanjutnya lampion itu akan dipadamkan pada dini hari. Meski demikian, antusiasme masyarakat untuk menikmati keindahan lampion itu mulai terlihat sejak sore hari. Mereka rela menunggu hingga lampion menyala untuk berburu foto.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Pasang Lampion Shio

Ketua Panitia Bersama Imlek 2020, Sumartono Hadinoto mengatakan pemasangan lampion di kawasan Pasar Gede dan Jalan Jenderal Sudirman Solo telah menjadi agenda rutin tahunan menjelang perayaan Imlek. Tahun ini jumlah yang dipasang mencapai ribuan lampion.

"Jumlah lampion yang dipasang pada Imlek kali ini sekitar 5000 buah. Yang paling banyak itu di seputaran Pasar Gede, Kali Pepe dan Jalan Jenderal Sudirman," kata dia di Solo, Kamis, 16 Januari 2019.

Tak hanya lampion, pihak panitia juga memasang sejumlah maskot shio yang diletakkan di sepanjang Jalan Jenderal Sudirman. Bahkan, di Bundaran Gladak nantinya akan dipasang maskot Shio Tikus yang sesuai dengan shio pada Imlek tahun ini.

"Shio Tikus nanti ada enam yang dipasang di seputaran Gladak. Sedangkan Gladak sampai depan Balai Kota Solo ada 12 Shio yang bakal dipasang," ucapnya.

3 dari 3 halaman

Biaya Pemasangan Lampion

Untuk memasang sebanyak 5.000 lampion membutuhkan biaya yang tidak sedikit karena mencapai puluhan juta rupiah. Hal ini sangat wajar, sebab ribuan lampion itu dipasang selama satu bulan penuh sehingga membutuhkan biaya yang tinggi, termasuk biaya listrik.

“Biasanya dalam sebulan itu biaya untuk menyalakan lampion itu bisa mencapai Rp70 juta,” sebut Sumartono.

Lantas, ia menyebutkan jumlah kebutuhan listrik untuk menyalakan ribuan lampion itu mencapai 55 ribu watt.  Tak pelak, kini pihak panitia memilih untuk membuat jalur listrik secara khusus karena jumlah lampion yang dinyalakan jumlahnya lebih banyak.

“Kalau dulu listrik bergantung dari Pasar Gede, tapi sekarang kami meminta PLN untuk dibuatkan jalur listrik tersendiri untuk kebutuhan listrik menyalakan lampion setiap tahunnya,” dia mengungkapkan.

Simak video pilihan berikut ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.