Sukses

Hore, KA Bandara Solo Resmi Beroperasi dan Tiket Gratis

Liputan6.com, Solo - PT Kereta Api Indonesia (KAI) mengoperasikan KA Bandara Internasional Bandara Adi Soemarmo mulai Mingggu, 29 Desember 2019. Rencananya tiket kereta yang melayani relasi Stasiun Balapan Solo – Bandara Adi Soemarmo itu akan digratiskan hingga bulan Februari, mendatang.

Menteri Perhubungan (Mehub), Budi Karya Sumadi didampingi Direktur PT KAI, Edi Sukmoro meninjau persiapan soft launching KA Bandara pada Sabtu sore, 28 Desember 2019. Rombongan menjajal naik kereta tersebut dari Stasiun Balapan menuju Bandara Adi Soemarmo.

KA Bandara membutuhkan waktu sekitar 19 menit untuk melayani relasi Stasiun Balapan Solo hingg Bandara Adi Soemarmo. Selain berhenti di dua stasiun relasi, kereta tersebut juga berhenti di Stasiun Kadipiro tak sampai lima menit.

Selama perjalanan menuju bandara, para pekerja masih terlihat melakukan penyelesaian akhir di sejumlah titik jalur rel kereta.

Menhub, Budi Karya memastikan semua persiapan telah selesai dilakukan untuk mengoperasikan KA Bandara pada Minggu, 29 Desember 2019. Setelah prosesi peluncuran, rencananya kereta tersebut akan melayani relasi selama satu jam sekali.

"Jadi kereta bandara dari Balapan ke Adi Soemarmo pada dasarnya sudah siap 100 persen. Setelah soft opening, mungkin nanti headway-nya setiap satu jam ada kereta," kata dia di sela- sela uji coba naik naik KA Bandara pada Sabtu sore, 28 Desember 2019.

2 dari 3 halaman

Gratiskan Tiket KA Bandara

Dengan beroperasinya kereta tersebut, Budi Karya pun berharap masyarakat umum bisa ikut untuk merasakan naik KA Bandara.

Apalagi pihak PT KAI  telah mengeluarkan kebijakan untuk mengratiskan tiket kereta itu selama dua bulan.

"Jadi anak-anak sekolah yang mau coba ini silahkan. Terus yang dari Wonogiri, Sragen jalan-jalan ke Solo mau lihat bandara bisa pakai kereta api, silahkan. Pak Dirut (PT KAI) sudah kasih tiket gratis Rp 0 selama bulan Januari hingga Februari," ujarnya.

Menurut Budi Karya, Solo merupakan kota yang beruntung karena mendapatkan fasilitas transportasi yang cukup baik dengan beroperasinya KA Bandara. Bahkan, keberadaan kereta itu di Indonesia masih sangat terbatas.

"Hebat lho, ini jarang di Indonesia baru ada beberapa di Jawa. Setelah Jakarta ya di sini, Jogja aja masih belum selesai. Solo termasuk kota yang mendapatkan fasilitas yang baik," kata dia.

3 dari 3 halaman

Kereta Pertama Masuk Bandara

Sementara itu Dirut PT KAI, Edi Sukmoro mengatakan, KA Bandara merupakan kereta pertama yang bisa langsung masuk ke bandara.

Bahkan, ia mengklaim kereta tersebut merupakan yang pertama kalinya di Indonesia bisa masuk hingga bandara.

"Kereta akan masuk ke bandara jadi tidak lagi nyambung kemana-mana. Ini langsung masuk di dalam area bandaranya. Ini mungkin pertama kali kereta api masuk bandara di Indonesia," tuturnya semringah.

Untuk saat ini jumlah KA Bandara untuk melayani jalur tersebut disiapkan dua rangkai kereta. Rencananya kereta tersebut aan beroperasi dari pagi mulai sore.

"Karena ini masih soft opening, kita berharap nantinya kalau memang dibutuhkan tambahan, kita berikan armada lainnya kalau ada yang tersedia," harapnya.

Saksikan video pilihan berikut ini: