Sukses

Cerita Hasto Wardoyo Terima UGM Award

Liputan6.com, Yogyakarta - Kepala Badan Koordinasi Keluarga Berencana Nasional (BKKBN) yang juga mantan Bupati Kulon Progo, Hasto Wardoyo, menerima UGM Award dalam puncak peringatan Lustrum ke-14 di Grha Sabha Pramana (GSP) UGM, Kamis (19/12/2019). Penghargaan ini diberikan kepada Hasto Wardoyo berdasarkan dedikasinya dalam bidang kemasyarakatan dan mempraktikkan ilmunya untuk kepentingan masyarakat.

UGM Award yang diperoleh kepada Hasto Wardoyo karena kiprahnya membangun Kulon Progo selama menjabat sebagai bupati. Tercatat, Hasto menjadi Bupati Kulon Progo periode 2011-2016 dan 2016-2019. Presiden Joko Widodo mengangkat Hasto Wardoyo menjadi Kepala BKKBN pada 1 Juli 2019.

Selama menjadi bupati, Hasto berhasil melakukan berbagai inovasi kebijakan, antara lain, mendorong siswa dan PNS menggunakan batik khas Kulon Progo yang bernama Geblek Renteng, menyuruh BUMD memproduksi kemasan air mineral Airku, mengkreasikan tari Angguk khas Kulon Progo menjadi senam Angguk yang kerap memenangkan kompetisi, serta melaksanakan program padat karya yang memberi peluang usaha kepada masyarakat untuk bekerja dan membangun wilayahnya.

"Saya sebenarnya kaget menerima penghargaan ini, saya baru dihubungi UGM sekitar seminggu lalu dan diberi tahu menjadi penerima UGM Award," ujar Hasto Wardoyo.

Ia mengungkapkan penghargaan ini dipersembahkan untuk kedua orangtuanya yang membuatnya menjadi sosok yang menghayati kemiskinan. Sebagai alumnus UGM, ia juga berterima kasih kepada perguruan tingginya yang sudah mengajarkan kesederhanaan sehingga ia siap bekerja di tempat paling pelosok sekalipun.

Sosok Gubernur DIY Sultan HB X pun ikut berperan dalam membantu Hasto Wardoyo membangun Kulon Progo.

"Beliau banyak membimbing saya sewaktu saya jadi bupati," ucapnya.

Hasto Wardoyo juga mendedikasikan UGM Award untuk masyarakat Kulon Progo. Masyarakat di daerah itu telah mengajarkannya mengentaskan kemiskinan dengan semangat gotong royong.

"Dalam ilmu medis ada teori penyakit bisa sembuh dengan sendirinya, begitu pula kemiskinan, bisa dieliminasi oleh orang miskin itu sendiri," kata Hasto.

Selain Hasto Wardoyo, UGM Award juga diberikan kepada Murdijati Gardjito yang dikenal sebagai pakar kuliner UGM dan berhasil melakukan dokumentasi pangan nusantara. 

 

Simak video pilihan berikut ini: