Sukses

Menguak Keindahan Pagi Air Terjun Langkuik Tinggi di Malalak Sumbar

Liputan6.com, Padang - Mungkin banyak orang yang masih asing mendengar nama Malalak. Malalak adalah sebuah kecamatan di Kabupaten Agam Sumatera Barat. Namun bagi yang hobi menjelajahi air terjun, daerah ini adalah surganya.

Berada di kaki Gunung Singgalang dan Tandikek, hutan daerah tersebut masih alami serta terjaga dan memiliki panorama alam yang indah. Jika dari Kota Padang, transportasi ke Malalak bisa menggunakan kendaraan roda dua maupun roda empat dengan jarak tempuh sekitar dua jam perjalanan. Jika dari Bukittinggi dengan kendaraan bermotor sekitar satu jam.

Air terjun Langkuik Tinggi tepatnya berada di Jorong Nyiur Kecamatan Malalak Selatan.

Dengan merogoh kocek Rp5 ribu, dan jika ada kendaraan bermotor dikenai biaya parkir Rp5 ribu sudah bisa memulai perjalanan dari titik awal masuk menuju air terjun.

Jika rombongan tidak mengenal medan yang akan dilalui bisa memakai jasa warga sekitar dan menegosiasikan biayanya secara langsung sebelum berangkat.

Tempat ini sangat cocok bagi yang hobi petualangan, karena medan yang dilalui cukup bervariasi.

Air terjun ini mempunyai ketinggian sekitar 100 meter dengan tebing yang sangat tinggi. Cipratan airnya, membuat pengujung yang berada di radius 15 meter dari air terjun akan basah kuyup.

Namun sesampainya di lokasi, seluruh lelah selama perjalanan akan hilang oleh pesona air terjun Langkuik Tinggi yang eksotis dan alami.

Saat Liputan6.com berkunjung ke air terjun Langkuik Tinggi, pengunjung yang datang ke tempat itu cukup ramai, rata-rata berasal dari beberapa daerah di Provinsi Sumbar. 

Muhammad Tio Fadli (26), salah seorang pengunjung yang baru pertama kali datang mengatakan, jalan treking menuju lokasi air terjun cukup menguji adrenalin.

Ia juga mengakui keindahan Air Terjun Langkuik Tinggi. Selama berkelana dan melancong ke beberapa air terjun, baru kali ini Tio menemukan air terjun yang setinggi dan debit airnya sederas itu.

Menurutnya berwisata alam ke sana tidak akan membuat menyesal, karena sebelum sampai di Air Terjun Langkuik Tinggi juga terdapat beberapa air terjun yang tak kalah indahnya.

Sebelum memulai perjalanan ke Langkuik Tinggi, berikut tips yang disarankan, siapkan fisik yang sehat dan kuat, gunakan alas kaki khusus, datanglah saat musim kemarau agar air sungai tidak terlalu deras.

Kemudian membawa bekal makanan dan minuman, karena di lokasi air terjun tidak ada warung. Jangan lupa membawa kamera untuk merekam berbagai momen indah di lokasi air terjun tersebut.

2 dari 2 halaman

Simak juga video pilihan berikut ini:

Loading
Artikel Selanjutnya
Berkemah dan Menanti Mentari Pagi di Lappa Laona
Artikel Selanjutnya
Sensasi Pagi di Sarasah Gadut, Air Terjun 7 Tingkat di Sudut Kota Padang