Sukses

Pelantikan Ketua Baru Partai Gerindra Sumsel Jadi Contoh Politik Santun

Waketum DPP Gerindra Sufmi Dasco Ahmad melantik 52 orang kadernya sebagai pejabat di DPD Gerindra Sumsel.

Liputan6.com, Palembang - Dewan Pimpinan Daerah (DPD) Partai Gerindra Sumatera Selatan (Sumsel) telah merombak seluruh pejabatnya. Jabatan Ketua Umum (Ketum) Gerindra Sumsel akhirnya diserahkan kepada Kartika Sandra Desi.

Wakil Ketua Umum (Waketum) DPP Gerindra Sufmi Dasco Ahmad secara resmi melantik 52 orang pejabat DPD Partai Gerindra Sumsel, di Aula Hotel Arista Palembang.

Ketum DPD Partai Gerindra Sumsel periode 2013-2019 Aswari Rivai, akhirnya memberikan tahtanya ke Kartika Sandra Dewi. Untuk meneruskan kepemimpinan partai yang didirikan Menteri Pertahanan Prabowo Subianto.

Aswari Rivai mengatakan, dia ingin memberikan contoh kepada masyarakat Sumsel, tentang bagaimana berpolitik secara santun. Meskipun tidak didapuk lagi menjadi Ketum Gerindra Sumsel, tetapi dia tetap legowo mengantarkan kepemimpinannya ke tangan penerusnya.

"Siapa pun yang ditunjuk DPP Gerindra, saya akan mengantarkannya dengan baik dan legowo. Kita memang tidak ada Musyawarah Daerah (Musda) ataupun Musyawarah Nasional (Munas) untuk menunjuk ketua baru,” ujarnya, Selasa (3/12/2019).

Dia pun berterima kasih kepada Prabowo Subianto, yang sudah memberikan kepercayaannya selama lima tahun, untuk memimpin Partai Gerindra di Sumsel.

Menurutnya, siapapun yang ditunjuk Prabowo Subianto sebagai ketua partai, merupakan kader terbaik di tiap daerah. Para kader lain pun wajib mendukung dan membesarkan Partai Gerindra.

"Saya sebagai Ketum Gerindra 2013-2019, akan terus memberikan dukungan kepada ketua baru dan generasi muda. Memberikan kesempatan kader muda jadi terbaik untuk melanjutkan perjuangan," katanya.

Selama kepemimpinannya, mantan Calon Gubernur (Cagub) Sumsel 2019-2024 ini, sudah membawa kadernya lolos di bursa legislatif. Dari Pemilihan Legislatif (Pileg) 2013 lalu hanya 64 orang kader Gerindra yang menjadi wakil rakyat.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Bersiap Pilkada 2020

Namun semenjak kepemimpinannya, jumlah kader Partai Gerindra yang mendapatkan posisi di DPRD Kabupaten/Kota hingga DPRD Sumsel meningkat hingga 86 orang.

Beberapa diantaranya menjadi ketua dan wakil ketua DPRD Sumsel. Ke depannya, akan ada 7 kabupaten/kota di Sumsel, yang akan membuka bursa Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada). Dia berharap ada banyak kader Partai Gerindra Sumsel yang bisa lolos di persaingan Pilkada 2020 ini.

Waketum DPP Gerindra Sufmi Dasco Ahmad mengungkapkan, jika ingin membangun partai yang besar, jangan pernah meninggalkan masyarakatnya.

"Kita berjuang bersama rakyat. Jangan jauhkan pembangunan dari rakyat dan jangan jauhkan rakyat dari pembangunan," ucapnya.

Menurutnya, partai politik (parpol) adalah instrumen politik. Bahkan ada dua menteri yang dipercaya Presiden Joko Widodo dari Partai Gerindra untuk menduduki jabatan menteri, yaitu Menteri Pertahanan serta Menteri Perikanan dan Kelautan.

 

Simak video pilihan berikut ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.