Sukses

STAI Muhammadiyah Blora Gandeng Liputan6.com Gelar Workshop Jurnalistik

Tujuan workshop jurnalistik ini untuk mengenalkan dan meningkatkan kompetensi jurnalistik di kalangan para pelajar dan mahasiswa di Kabupaten Blora.

Liputan6.com, Blora - Sekolah Tinggi Agama Islam (STAI) Muhammadiyah Blora, Jawa Tengah menggelar workshop jurnalistik dengan menggandeng Liputan6.com. Kegiatan ini diselenggarakan di lingkungan kampus setempat pada Jumat sampai Sabtu (29-30/11/2019).

Sebanyak 60 pelajar dan mahasiswa mengikuti workshop hari pertama. Mereka memperoleh materi seputar berita yang layak tayang di media.

Ketua STAI Muhammadiyah Blora, Sukisno mengungkapkan tujuan workshop jurnalistik ini untuk mengenalkan dan meningkatkan kompetensi jurnalistik di kalangan para pelajar dan mahasiswa di Kabupaten Blora.

“Sesi pada hari kedua akan diikuti oleh dosen, guru, dan peserta umum,” ujar Sukisno.

Menurut Sukisno, pelajar dan mahasiswa perlu mengasah kemampuan menulis. Terlebih, bagi mahasiswa tingkat akhir yang sedang menyusun skripsi.

Redaktur Pelaksana Liputan6.com yang menjadi pemateri workshop jurnalistik, Harun Mahbub Billah, menyarankan kepada para peserta untuk menekuni dunia tulis menulis.

"Sebelum kalian lulus kuliah sebaiknya ikut magang di media entah sebulan atau dua bulan, biar punya portofolio dan pengalaman," tuturnya.

Dalam pelatihan bertajuk 2 Jam Mahir Jadi Jurnalis ini, Harun memberikan teori seputar berita dan mengasah kemampuan peserta untuk membuat sebuah tulisan. Dia menjanjikan, tulisan para pelajar dan mahasiswa yang memenuhi kualifikasi bisa ditayangkan di media nasional.

"Buatlah tulisan apapun tentang Blora," ucapnya kepada peserta.

Salah satu peserta workshop jurnalistik, Muhammad Hafid Al Husain, mendapatkan wawasan dan pengetahuan baru yang bisa meningkatkan kemampuannya menulis, bahkan meliput sebuah peristiwa.

“Dari pelatihan jurnalistik ini banyak manfaatnya, saya juga mendapatkan banyak teman baru, dari sesama pelajar dan mahasiswa,” kata Husain.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.