Sukses

Maulid Nabi, Umat Islam Biak Diminta Teladani Akhlak Rasulullah

Liputan6.com, Biak - Bertepatan dengan semangat memperingati Maulid Nabi Muhammad SAW, umat Islam di Kabupaten Biak Numfor, Papua, diimbau mau meneladani akhlak Rasulullah SAW karena telah memberikan manfaat untuk alam, manusia, dan kehidupan rumah tangga yang harmonis.

"Dengan keindahan lahir, kesempurnaan fisik, dan keagungan akhlaknya, musuh-musuhnya tak menemukan sesuatu yang bisa dicela. Muhammad SAW adalah teladan bagi setiap manusia di muka bumi," kata Staf Ahli Bupati Biak, Abdul Kahar pada peringatan Maulid Nabi Biak, Sabtu (9/11/2019).

Tidaklah heran dengan akhlak dan keteladanan Rasulullah Muhammad SAW dalam kepemimpinan di tengah peradaban Islam, lanjut Abdul Kahar, ia sebagai tokoh paling berpengaruh sepanjang sejarah manusia.

Momentum perayaan maulid Nabi Muhammad SAW yang setiap tahun diperingati, menurut Abdul Kahar bisa memberikan inspirasi bagi segenap warga muslim untuk bisa mencontoh kepribadian Rasulullah untuk diamalkan dalam kehidupan bermasyarakat berbangsa dan bernegara.

"Mari kita ambil hikmah dibalik perayaan Maulid Nabi Muhammad SAW untuk meningkatkan nilai keimanan dan ketakwaan dalam setiap pribadi muslim," ungkap Abdul Kahar.

Peristiwa maulid Nabi Muhammad SAW tidak hanya diperingati secara seremonial semata, lanjut Abdul Kahar tetapi dengan momentum ini kita bisa mendapatkan pengetahuan tentang kehidupan Rasulullah Muhammad SAW yang membimbing umat dengan menanamkan keimanan dan ketaqwaan kearah kehidupan yang religius dalam lingkungan keluarga.

Sementara Ketua Dewan Masjid Indonesia Provinsi Papua, Prof Dr Hasan Basri Umar mengatakan, sebagai pengikut Rasulullah Muhammad SAW kita bisa mengambil pelajaran dari kisah kepemimpinan Rasulullah untuk dapat diaplikasikan dalam kehidupan sehari-hari.

"Teladan dalam segala hal dimiliki Rasulullah Muhammad SAW menjadi contoh dapat diamalkan oleh umat Islam guna mewujudkan Islam Rahmatan Lil Aalamin untuk mewujudkan Biak Numfor yang religius berkarakter dan berbudaya sesuai tema perayaan maulid Nabi Muhammad SAW," jelas Prof Hasan Basri Umar.

Perayaan Maulid Nabi Muhammad SAW 1442 H di Kabupaten Biak Numfor yang dihadiri ribuan umat Islam dari berbagai masjid, musala, majelis taklim, dan organisasi Islam itu berlangsung aman nyaman dan kondusif. Kegiatan itu dipusatkan di Masjid Agung Baiturrahman Biak.

2 dari 2 halaman

Simak juga video pilihan berikut ini:

Loading
Artikel Selanjutnya
Tradisi yang Bikin Suasana Maulid Nabi di Bangka Mirip Idul Fitri
Artikel Selanjutnya
Atta Halilintar Merayakan Maulid Nabi dengan Membuat Pengakuan, Apa Itu?