Sukses

Kondisi Terkini Pencarian WNA Tiongkok di Perairan Pulau Sangiang

Liputan6.com, Serang - Saat Warga Negara Asing (WNA) Tiongkok menyelam di perairan Pulau Sangiang, Kabupaten Serang, Banten, pada Minggu, 3 November 2019, kondisi gelombang sedang tinggi.

"Waktu kejadian ombak agak tinggi, sebenarnya masih bisa dilakukan penyelaman," kata Kasubsi Operasional Basarnas Banten, Hairu Amir, di Posko SAR Gabungan di Pelabuhan Merak, Kota Cilegon, Banten, Senin (4/11/2019).

Terlihat, sanak keluarga dari ketiga korban mulai berdatangan di posko SAR dan terus mencari informasi mengenai kondisi penyelam asal Tiongkok tersebut. Namun, kendala bahasa menjadi faktor komunikasi yang kurang intens.

Pencarian hingga hari ini, Selasa, 5 November 2019, belum membuahkan hasil. Tiga penyelam WNA Tiongkok yang hilang, yakni Tan Xuz Tao, Wan Bzng Yang, dan Tian Yu belum juga ditemukan.

"Sejauh ini kita lakukan pencarian bersama teman-teman SAR gabungan, sampai detik ini WNA belum ditemukan," terangnya.

Sebelumnya, sempat diberitakan bahwa, tujuh WNA Tiongkok melakukan penyelaman di perairan Pulau Sangiang, pada Minggu, 3 November 2019. Mereka berangkat dari Pantai Mabak sekitar pukul 13.30 WIB. Kemudian, mereka sampai di perairan Pulau Sangiang sekitar pukul 13.45 WIB dan langsung melakukan penyelaman.

Penyelam dibagi dalam dua kelompok, kelompok pertama muncul ke permukaan laut sekitar pukul 14.45 WIB. Tim kedua sempat muncul kemudian masuk ke dalam air lagi dan tidak muncul kembali. Dugaan sementara, para turis asal Tiongkok ini terseret arus bawah laut.

Pencarian pun menggunakan helikopter Basarnas yang sedang melakukan latihan di Pantai Anyer, tiga unit kapal milik TNI AL, yakni KAL Tamposo, KAL Badak, dan KSL Sangiang. Hingga KN SAR Drupada Banten milik Basarnas pun dikerahkan.

Nama WNA Tiongkok yang selamat saat penyelaman tersebut, adalah You Shi Jie (L), Xu Jun (L), Che Yin Xing (P). Sementara, Yang Lixiang (L) selamat karena tidak ikut menyelam.

2 dari 2 halaman

Proses Pencarian

"Korban yang selamat yakni You shi Jie, Xu jun (L), Che Yin Xin, dan Yang Lixiang," kata Kabid Humas Polda Banten, Kombes Pol Edy Sumardy, melalui pesan singkatnya, Selasa (06/11/2019).

Dia pun memastikan tim SAR Gabungan dari Polairud Polda Banten, Basarnas Banten, TNI AL hingga PMI terus melakukan pencarian di sekitar perairan Pulau Sangiang, Kabupaten Serang, Banten. Bahkan, Dokkes dan DVI Polda Banten pun disiagakan untuk memeriksa kesehatan petugas SAR dan melakukan pengecekkan untuk mengantisipasi hal yang tak diinginkan.

Tim Polairud Polda Banten pun menerjunkan Remotely Operated Vehicle (ROV), untuk melihat kondisi di dalam laut. Namun, hingga siang ini, belum mendapatkan hasil yang signifikan.

"Hasil pencarian baik menggunakan drone bawah laut dan pengamatan penyisiran langsung belum mendapatkan hasil, korban belum diketemukan. Jika cuaca membaik, team akan terus melakukan pencarian. Mohon doa dari masyarakat supaya korban cepat ditemukan," jelasnya.

 

Simak video pilihan berikut ini:

Loading
Artikel Selanjutnya
Debut Manis Wuling Almaz, Nyaris Libas Honda CR-V
Artikel Selanjutnya
Remaja Laki-Laki yang Tenggelam di Waduk Citra 2 Ditemukan