Sukses

Terbius Keindahan Pagi Air Terjun Madakaripura

Liputan6.com, Probolinggo - Belum lengkap rasanya jika menjamahi Jawa Timur tanpa bertandang ke air terjun yang satu ini. Madakaripura namanya. Banyak yang mengakui air terjun yang berlokasi di  Desa Tlogorejo, Kecamatan Lumbang, Kabupaten Probolinggo, Jawa Timur ini, merupakan salah satu air terjun terindah di Indonesia.

Sadi, seorang pemandu wisata Air Terjun Madakaripura kepada Liputan6.com mengatakan, nama Madakaripura secara harfiah mengandung makna 'tempat terakhir Sang Patih Gajah Mada'. Air terjun ini dahulu digunakan oleh Patih Gajah Mada sebagai tempat menyepi dan memperdalam ilmu.  

Untuk sampai ke lokasi utama Air Terjun Madakaripura, tiap pengunjung harus berjalan kaki menyusuri jalan setapak, dan terkadang harus membelah sungai. Dengan trek yang basah, disarankan bagi para pengunjung menyiapkan pakaian ganti, atau jas hujan. Penggunaan sepatu sandal lebih disarankan ketimbang memakai sepatu biasa.

 

Air Terjun Madakaripura memiliki karakteristik yang unik. Keunikan tersebut terletak pada tumpahan air terjun yang membasahi trek, yang dilewati untuk sampai ke lokasi utama air terjun. Tidak perlu khawatir bagi para pengunjung yang tidak ingin kebasahan, pasalnya pemandu wisata telah menyediakan jas hujan untuk Anda.

Keistimewaan lain dari air terjun yang masuk dalam kawasan konservasi Taman Nasional Bromo Tengger Semeru ini terletak pada dindingnya yang melengkung sempurna. Dengan tinggi pancur mencapai 170 meter, Air Terjun Madakaripura didaulat sebagai air terjun tertinggi sekaligus terindah di pulau Jawa.

Lebih jauh Sadi menceritakan, meski dibuka setiap hari bagi para wisatawan, namun pada Desember atau di saat curah hujan sedang tinggi, lokasi Air Terjun Madakaripura akan ditutup untuk umum. Pasalnya curah hujan yang tinggi akan meningkatkan volume air, yang tentunya akan membahayakan pengunjung. 

2 dari 2 halaman

Simak juga video pilihan berikut ini:

Loading
Artikel Selanjutnya
Eksotika Pagi Air Terjun Kali Jodoh Pinrang, Mampu Manjakan Para Jomblo
Artikel Selanjutnya
Semburat Mentari Pagi di 'Atap Sumatra' Gunung Kerinci