Sukses

Selamat, Purwakarta Raih Penghargaan Natamukti Lagi

Penghargaan Natamukti merupakan bentuk apresiasi dari Kementerian Koperasi dan UKM.

Liputan6.com, Jakarta Sektor Usaha Kecil dan Menengah (UKM) di Kabupaten Purwakarta terus berkembang dan perlahan memberikan hasil. Upaya pengembangan sektor UKM menjadi Komitmen Bupati Purwakarta, Anne Ratna Mustika. 

Upayanya membangun sektor UKM ini menuai apresiasi dan penghargaan dari Kementerian Koperasi dan UKM RI yang bekerja sama, dengan Internasional Council for Small Business (ICSB), yakni melalui ajang Natamukti Award 2019.

Pengahargaan Natamukti diserahkan langsung oleh Menteri Koperasi dan UMK RI, AA GedhePuspayoga melalui sekretarisnya pada Anne, di IPB Internasional Convention Center, Kota Bogor, Senin (7/10).

Penyerahan penghargaan turut disaksikan Chairman ICSB, Hermawan Kartajaya. Sekretaris Menteri Koperasi dan UKM, Rully Indrawan menuturkan, Pemkab Purwakarta selama ini dinilai konsisten, dalam melakukan pengembangan UKM di wilayah tersebut.

Penghargaan Natamukti merupakan bentuk apresiasi dari kementerian. "Ini merupakan ajang tahunan sebagai bentuk apresiasi dari kementerian kepada para kepala daerahyang selama ini dinilai konsisten mendorong perekonomian masyarakatnya melalui UKM," ujar Rully.

Dalam ajang Natamukti 2019 ini, sambung dia, ada sebanyak 34 kabupaten/kota di nusantara yang terpilih mendapat penghargaan. Untuk di Jawa Barat sendiri, ada lima daerah yang diganjar penghargaan.

Masing-masing, lanjut dia, Kabupaten Bandung, Subang, dan Purwakarta. Kemudian, Kota Cirebon,Kota Bandung dan Kota Bogor.

Adapun untuk Purwakarta kata dia, merupakan penghargaan kedua yang diraih selama dua tahun berturut-turut. Untuk diketahui, penghargaan Natamukti 2019 dibagi dalam tiga kategori.

Kategori Natamukti, Natamukti Nindya dan Natamukti Ganapravara. Untuk Natamukti itu merupakan pengahargaan bagi kabupaten/kota yang dianggap berhasil mendorong peningkatan kualitas produklokal UKM. Semisal dari sisi pemasarannya.

Natamukti kategori Nindya diberikan kepada pemerintahan kabupaten/kota terbaik yang berhasil meningkatkan daya saing UMKM secara keseluruhan, baik di tingkat nasional maupun global.

"Untuk Natamukti Ganapravara, itu bagi daerah yang bisa mempertahankan peringkat Natamukti Nindya," jelas dia.

Untuk Purwakarta, tambah dia di dua tahun berturut-turut ini mendapat penghargaan Natamukti. Daerah ini, dianggap berhasil mengembangkan sektor UMKM masyarakatnya.

"Semoga ajang ini tak hanya sebatas formalitas. Tapi harus terus jadi spirit untuk pengembanganUMKM," tambah dia.

Anne pun mengaku cukup bangga dengan torehan penghargaan tersebut. Ke depan, pihaknya menargetkan akan terus berupaya mendorong supaya sektor UMKM di wilayahnya terus berkembang.

"Ini memang sudah menjadi komitmen kami," ujar Anne.

Apalagi sejauh ini denyut perekonomian masyarakatnya melalui UMKM cenderung berkembang. Atas dasar itu, pihaknya pun optimistis sektor UMKM ini akan terus berkembang di masamendatang.

Optimistisnya ini bukan tanpa alasan. Apalagi, dia melihat potensi pasar yang cukup besar. Hal itu, berkaca pada pertumbuhan sektor pariwisata di wilayahnya yang juga mengalami peningkatan.

"Ini menjadi peluang besar untuk meningkatkan perekonomian warganya," jelasnya. 

 

(*)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.