Sukses

Warisan Habibie di Mata Bupati Bone Bolango

Kebebasan pers dan kebebasan berpolitik dengan mendirikan partai politik adalah contoh konkret.

Liputan6.com, Bone Bolango - Kepergian BJ Habibie tak hanya dirasakan oleh masyarakat biasa. Wafatnya putra terbaik Gorontalo ini juga memberikan duka yang mendalam bagi kepala-kepala daerah yang ada di Provinsi Gorontalo.

Hal ini pun diungkapkan oleh Bupati Bone Bolango Hamim Pou. Dia mengatakan, masyarakat di Provinsi Gorontalo sangat berduka dengan kepulangan putra terbaik daerah Gorontalo yang berhasil membawa nama baik bangsa indonesia di kancah nasional.

"Saya sebagai kepala daerah sangat berduka, karena almarhum putra asli Gorontalo yang sangat dibanggakan selama ini," ungkap Hamim.

Menurut dia, BJ Habibie merupakan guru besar yang patut dikenang jasanya. Habibie tidak hanya membawa nama Gorontalo, tetapi juga membawa nama Indonesia.

"Habibie bisa dibilang merupakan guru yang komplet yang bisa dicontohi oleh masyarakat Gorontalo. Hal ini menjadi sebuah spirit baru untuk maju seperti Beliau," ujarnya.

"Warisan terbesar BJ Habibie yang saya ingat adalah pentingnya penguasaan iptek dan diseimbangkan dengan iman dan takwa. Pemikiran yang seperti itulah yang membuat Gorontalo kehilangan sosok pemikir untuk perubahan," tutur Hamim.

BJ Habibie sangat berjasa dalam kebebasan pers. Bahkan, kebebasan mendirikan partai politik juga didorong.

"Itu dulu kebijakan BJ Habibie dan masih saya ingat betul karena waktu itu saya masih wartawan. Saya berharap masyarakat Gorontalo untuk sama-sama mendoakan Beliau," katanya.

Simak video pilihan berikut:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.