Sukses

Run for Bali, Prajurit Kodim 1626/Bangli Akan Lari Keliling Bali

Liputan6.com, Bangli - Kodim 1626/Bangli menggagas event 'Run for Bali' guna menyambut Hari Ulang Tahun (HUT) TNI ke-74. Event ini merupakan kegiatan berlari mengelilingi Bali yang akan dilakukan oleh prajurit Kodim 1626/Bangli, Serka I Dewa Gede Astawa.

Bertepatan dengan Hari Olahraga Nasional (Haornas) yang jatuh pada hari Senin 9 September 2019, Serka Dewa memulai persiapannya berlari keliling Bali di Desa Wisata Penglipuran.

Komandan Kodim (Dandim) 1626/Bangli, Letkol Inf Himawan Teddy Laksono menjelaskan, event ini digagas untuk memberi warna baru menyambut hari jadi institusinya.

"Serka I Dewa Gede Astawa ini sudah memenangi beberapa kejuaraan olahraga lari pada berbagai event. Nah, saya kemudian berinisiatif menggagas event ini. Kami konsep bersama-sama, kami presentasikan kepada Korem dan Kodam, kami bersyukur gagasan ini diterima dengan baik. Bahkan, baik Korem maupun Kodam sangat antusias dengan gagasan saya ini dan siap men-support kegiatan ini," kata Dandim di sela mendampingi Serka I Dewa Gede Astawa berlatih di Desa Wisata Penglipuran, Senin (9/9/2019).

Dandim melanjutkan, ada empat hal yang ingin ditekankan dari kegiatan ini. Pertama adalah mendukung apa yang telah dicanangkan oleh Presiden Joko Widodo melalui tagline 'SDM Unggul, Indonesia Jaya'.

"Tentu SDM Unggul termanifestasi salah satunya melalui jasmani yang sehat dan disiplin. Olahraga sudah pasti membuat jasmani kita menjadi kuat, sehat dan sudah barang tentu butuh kedisiplinan," papar Dandim.

Kedua, event 'Run for Bali' ini juga digagas untuk mendukung program pemerintah, dalam hal ini Kementerian Pemuda dan Olahraga untuk membudayakan olahraga. "Kami sebagai TNI juga ingin ikut ambil bagian mempelopori pembudayaan olahraga di tengah-tengah masyarakat," ujarnya.

 

2 dari 2 halaman

Empat Etape

Ketiga, Dandim melanjutkan, secara substansi kegiatan ini untuk memperingati HUT TNI ke-74. "Kami ingin memberikan warna berbeda dalam bentuk kontribusi nyata kepada Bali melalui kegiatan ini pada HUT TNI ke-74 tahun 2019 ini," tutur dia.

"Terakhir, tak lain adalah wujud kemanunggalan TNI-Rakyat. Melalui kegiatan ini kami ingin mempertegas bahwa TNI-Rakyat adalah dua komponen yang menjadi satu untuk membangun negeri," tambah Dandim.

Pada kesempatan yang sama, Serka I Dewa Gede Astawa mrnjelaskan jarak tempuh yang akan dilaluinya pada event 'Run for Bali sejauh 370 kilometer. Jarak sejauh itu akan dibagi ke dalam empat etape.

"Pada event ini saya akan berlari tunggal. Karena bukan perlombaan, jadi saya bisa atur irama berlarinya. Saya atur per seratus kilometer istirahat. Ada empat etape yaitu Kodam-Karangasem, Karangasem-Sanggalangit Gerokgak, Gerokgak-Pekutatan Jembrana dan Jembrana kembali finish di Denpasar," kata Babinsa 1626-04/Kintamani, Desa Buahan ini.

Loading
Artikel Selanjutnya
Perjuangan Bocah di Bali Kayuh Sampan 1,5 Jam ke Sekolah
Artikel Selanjutnya
Dandim Bangli Optimistis Tim Yong Moodo Berprestasi di Porprov Bali 2019