Sukses

Bajakah Efek, Kalteng Berambisi Jadi Pusat Penelitian Kanker Dunia

Jakarta Kalimantan Tengah (Kalteng) semakin menjadi mendapat perhatian. Sebelumnya publik penasaran dengan hasil penelitian para siswa SMA Palangka Raya yang menemukan obat kanker payudara dari akar bajakah.

Temuan itu membuat Pemprov Kalteng semakin bersemangat untuk melakukan pembangunan. Terutama di bidang kesehatan. Ke depan akan dibangun rumah sakit khusus kanker.

Jawapos.com menulis bahwa keinginan itu merupakan harapan dari Gubernur Kalteng Sugianto Sabran. Menurut dia, temuan tumbuhan bajakah itu harus segera dilakukan riset dan penelitian lanjutan. Dengan harapan dapat diketahui secara pasti dan meyakinkan bahwa bajakah itu memang memiliki khasiat menyembuhkan kanker.

"Dengan adanya temuan ini maka nanti riset tentang kanker sedunia harus ada di Kalteng," katanya.

Dijelaskan Sugianto, jika memang nantinya sudah dilakukan riset maka progres selanjutannya dibudi daya tumbuhan bajakah. Pemerintah dapat mengeluarkan regulasi terkait mekanisme budi daya.

"Setelah dilakukan riset maka ini harus dibuatkan regulasi untuk pembudidayaannya," tegasnya.

Orang nomor satu di Kalteng itu menyebut, saat ini memang ada larangan pengiriman bajakah ke luar Kalteng agar tidak terjadi eksploitasi. Apalagi bajakah itu memiliki ratusan jenis dan belum diketahui bajakah jenis apa yang dapat menyembuhkan kanker. 

Simak video pilihan berikut:

Loading
Artikel Selanjutnya
Kisah Warga Kalimantan yang Mengalami Dampak Kebakaran Hutan
Artikel Selanjutnya
Kabut Asap, Bandara Tjilik Riwut Palangka Raya Nyaris Lumpuh