Sukses

Kabar Stadion Manahan Bakal Jadi Tuan Rumah Piala Dunia U-20

Liputan6.com, Solo - PSSI mengajukan Indonesia sebagai tuan rumah Piala Dunia U-20 2021. Sebanyak delapan stadion telah disiapkan apabila terpilih sebagai tuan rumah, salah satunya Stadion Manahan Solo.

Sekretaris Jenderal (Sekjen) PSSI, Ratu Tisha Destria mengatakan kedatangannya ke Solo untuk menemui Wali Kota Solo FX Hadi Rudyatmo terkait penawaran Indonesia sebagai tuan rumah Piala Duni U-20. Salah satu stadion yang ditawarkan untuk laga tersebut adalah Stadion Manahan, Solo.

"Ini Pak Rudy (panggilan wali kota) menandatangani house city aggreement itu tiga pihak antara FIFA, PSSI dan Pemerintah Kota Surakarta. Ini terkait penawaran atau bidding PSSI untuk FIFA World Cup U-20 2021," kata dia di sela-sela penandanganan kerjasama di rumah dinas Wali Kota Solo, Loji Gandrung, Jumat, 16 Agustus 2019.

Menurut Tisha, saat ini pihaknya sedang mengumpulkan semua kelengkapan seluruh dokumen administrasi yang dibutuhkan untuk proses pengajuan tuan rumah itu. Semua dokumen tersebut harus dilengkapi hingga akhir bulan ini.

"Kami memiliki deadline sampai akhir Agustus ini untuk mengumpulkan kelengkapan dokumentasi administrasi," ujar dia.

Tisha menyebutkan terdapat delapan stadion yang diajukan sebagai tempat laga untuk Piala Duni U-20 pada 2021. Stadion tersebut di antaranya Stadion Manahan Solo, Stadion Gelora Bung Karno, Stadion Gianyar Bali, Stadion Mandala Krida Jogja, Stadion Wibawa Mukti Bekasi, Stadion Patriot dan Stadion Jalak Harupat.

"Jadi lima di antaranya ada stadion yang kemarin digunakan Asian Games dan ditambah tiga stadion baru yang akan kita ajukan itu, Manahan, Manda Krida dan I Wayan Dipta," sebutnya.

2 dari 2 halaman

Stadion Manahan Layak

Ia menilai Stadion Manahan Solo sangat layak untuk diajukan sebagai tuan rumah karena sudah memenuhi standarisasi FIFA. Selain kelengkapan stadion, Solo juga memiliki lima lapangan untuk latihan yang ada di kota tersebut.

"Stadion Manahan Solo akan menjadi salah satu stadion utama yang dipakai untuk laga tim Indonesia atau tim-tim besar lainnya karena sudah memenuhi standarisasi FIFA safety, regulation and insfrastructure sangat baik sekali," tuturnya.

Selain Indonesia, lanjut dia, sejumlah negara lain juga turut mengajukan sebagai tuan rumah pelaksanaan Piala Dunia U-20 2021. Adapun negara yang menawarkan menjadi tuan rumah di antaranya Brazil, Peru, Myanmar, Thailand, Bahrai, UEA dan Arab Saudi.

"Untuk Thailand dan Myanmar itu joint bid, Bahrain, UEA dan Arab Saudi itu joint bit," katanya.

Wali Kota Solo, FX Hadi Rudyatmo menyambut baik rencana PSSI yang memilih Stadion Manahan Solo sebagai salah satu dari delapan stadion untuk tuan rumah Piala Dunia U-20. Pihak Pemkot akan melengkapi berbagai fasilitas yang diperlukan untuk mendukung penawaran sebagai tuan rumah.

"Venue Stadion Manahan sudah ada tinggal bagaimana melengkapi sarana pendukungnya. Untuk lapangan latihan banyak tersedia di Solo, tinggal nanti kami lengkapi fasilitas pendukungnya," ucapnya.

Seperti diketahui saat ini proses renovasi Stadion Manahan Solo sedang berlangsung. Rencananya stadion tersebut akan menjadi Stadion GBK mini karena bentuk bangunannya menyerupai stadion tersebut.

Saksikan video pilihan berikut ini:

Loading
Artikel Selanjutnya
FIFA Cek Stadion Manahan sebagai Calon Tuan Rumah Piala Dunia U-20
Artikel Selanjutnya
Pesta Miras di Tepi Sungai Bengawan Solo Berujung Duka, 5 Orang Tewas