Sukses

BERITA TERKINIPARA MENTERI JOKOWI-MA'RUF DI KABINET INDONESIA MAJU

Layanan Bus Damri Gratis Bandung - Bandara Kertajati Laris Manis

Liputan6.com, Bandung Layanan bus Damri gratis di pool Bandung, Jalan Kebon Kawung, catatkan pencapaian yang cukup signifikan dalam kenaikan angka statistik jumlah penumpang dari Bandung ke Bandara Kertajati pada periode 1-14 Juli 2019 atau selama dua pekan terakhir.

"Antusias penumpang sangat besar sekali mencapai 11.000 orang, bahkan per satu hari untuk jam paling ideal yaitu keberangkatan pukul 2 dini hari bisa sampai 246 orang langsung. Di saat puncak keberangkatan kita menyediakan 6 unit bus," kata Koordinator BIJB, Ryan P di Bandung, Senin (15/7/2019).

Ryan mengatakan, setiap harinya bus damri gratis ini selalu melayani penumpang. Puncak arus penumpang yang tercatat berangkat ke Bandara Kertajati terjadi pada akhir pekan seperti hari Minggu.

"Selalu terjadi kenaikan setiap hari apalagi di hari Minggu. Kemarin saja per satu hari dari Bandung mencapai 1.200 penumpang," ujarnya.

Adapun jumlah rata-rata penumpang, lanjut Ryan, mencapai angka 1.000 per harinya. Angka tersebut merupakan penumpang dari dari Bandung ke Kertajati dan sebaliknya.

"Karena ini merupakan instruksi dari pimpinan, kami akan berusaha terus melayani agar tidak ada satu pun yang tidak terangkut Damri. Rata rata bisa sampai 15-16 unit bus," ujarnya.

Seperti diketahui, sejak Senin (1/7/2019) lalu diberlakukan pengalihan penerbangan domestik khususnya luar Jawa dari Bandara Internasional Husein Sastranegara Bandung ke Bandara Kertajati, Majalengka.

Bus Damri sendiri menerapkan tarif gratis bagi calon penumpang selama satu bulan hingga 31 Juli mendatang. Khusus untuk layanan bus gratis disediakan armada dengan kapasitas 39 kursi.

Rencananya, Kementerian Perhubungan akan menyiapkan subsidi untuk penggunaan bus Damri secara gratis selama satu tahun di Bandara Kertajati. Ini dilakukan sambil menunggu pembangunan tol Cisamdawu (Cileunyi-Sumedang-Dawuan) yang ditargetkan selesai tahun ini.

2 dari 2 halaman

Simak Video Pilihan Berikut Ini

Loading
Artikel Selanjutnya
Gubernur Emil Ungkap 3 Model Revitalisasi SMK di Jabar
Artikel Selanjutnya
13 Pekerja Proyek di Area Kebakaran Pipa Pertamina Cimahi Diperiksa