Sukses

Mooryati Soedibyo Jadi Pelindung Pengusaha Kecil

Liputan6.com, Denpasar - Presiden Direktur Mustika Ratu, BRA Mooryati Soedibyo ditunjuk oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi) sebagai pelindung Himpunan Pengusaha Mikro, Kecil dan Menengah Indonesia (HIPMIKIMDO). Sebagai pelindung, perempuan 91 tahun itu akan berkeliling Indonesia menemui pengusaha untuk memberi pengalaman berharganya mendirikan Mustika Ratu. 

"Beberapa hari lalu saya dipanggil Pak Jokowi dan diminta menjadi pelindung HIPMIKIMDO. Pak Jokowi sebagai ketua pelindung, saya wakil pelindungnya," ujar Mooryati Soedibyo kepada Liputan6.com di Bintang Supermarket, Jalan Raya Seminyak, Legian, Bali.

Meski di usia senja, namun Mooryati Soedibyo tetap semangat berbagi kiat suksesnya kepada khalayak. Begitu dinobatkan sebagai pelindung HIPMIKIMDO, ia langsung terbang ke Bali untuk menjadi salah satu pembicara yang diselenggarakan oleh The Asia Academy of Management Limited.

Pada kesempatan itu ia mengatakan, hingga kini, Mustika Ratu yang didirikannya tak pernah berhenti untuk terus berusaha membaca dan memanfaatkan peluang bisnis dengan berbagai kondisi yang ada.

"Dari yang awalnya tradisional, sekarang sudah medical. Kita harus terus mengikuti dan beradaptasi dengan perkembangan zaman," tuturnya.

Saat ini, dengan berkembangnya dunia digital, Sang Mpu Jamu itu menjelaskan jika perusahaannya juga beradaptasi dengan kondisi terkini. Kendati begitu, toko sebagai instrumen penting usahanya tetap berjalan, lantaran memiliki keunggulan yang tak dimiliki oleh penjualan online. 

"Saya mulai di rumahan melalui batu lumpang berkembang terus. Dulu masih memasarkan pakai sepeda motor ke tetangga saya. Saya start dari nol. Saya mulai dari sederhana, dengan tangan dimasukkan ke dalam botol, berbentuk serbuk, lalu dimasukkan ke dalam pil dalam minuman kotak. Itu berkembangnya slow, tapi terus berjalan. Sekarang dengan adanya online ini Mustika Ratu juga menjangkaunya, tapi kita tetap ke toko-toko juga," katanya.

Loading
Artikel Selanjutnya
Apindo: Presiden Jokowi Minta Pengusaha Investasi Hotel di Mandalika
Artikel Selanjutnya
Undang Pengusaha ke Istana, Jokowi Promosikan KEK Mandalika