Sukses

Cara Dapat Hibah Modal Total Rp 2 Miliar untuk Bisnis

Pendaftaran DSC|X 2019 dibuka mulai 15 Mei lalu dan proposal bisnis yang masuk akan diseleksi untuk lolos ke tahap selanjutnya.

Liputan6.com, Yogyakarta - Perhelatan akbar kompetisi kewirausahaan Diplomat Success Challenge ke-10 2019 / (DSC|X) yang digagas oleh Wismilak Foundation menggelar roadshow di Yogyakarta, Selasa (18/6/2019). Ajang yang memberikan hibah modal total Rp 2 miliar ini juga akan memberikan pendampingan oleh mentor-mentor yang mempunyai pengalaman wirausaha dan sukses di bidangnya masing-masing selama masa inkubasi.

Roadshow Yogyakarta menghadirkan narasumber mumpuni di bidang kewirausahaan seperti mentor nasional, Venture Capitalists & Angel Investor Michael Tampi dan Asri Saraswati, local hero dan penggagas Agradaya, serta Iqie Ramadhan dari Coworking Indonesia.

Program DSC|X tahun 2019 bekerja sama dengan Coworking Indonesia. Saat ini, Coworking Indonesia telah menjangkau 45 kota di Indonesia.

"Di dalam roadshow, para peserta akan mendapatkan pengetahuan mengenai wawasan kewirausahaan dan informasi terkait dengan mekanisme submisi proposal DSC|X,” ujar Edric Chandra, Penggagas DSC|X sekaligus Marketing Community & Event Manager Wismilak.

Roadshow kompetisi DSC|X dilakukan mulai tanggal 21 Mei sampai dengan tanggal 23 Juli 2019 di sembilan kota di Indonesia, yakni Surabaya, Malang, Yogyakarta, Semarang, Bandung, Medan. Makassar, Bali dan Jakarta.

Sejumlah Coworking Space dari masing-masing kota seperti, Satu Atap, Ngalup.co, Dagadu Djokdja, CO&CO, Impala Space, CoHive at Clapham, dan Kembali Innovation Hub, DSC|X menghadirkan narasumber seperti mentor nasional dan local heroes untuk berbagi pengetahuan tentang kewirausahaan pada roadshow tersebut.

Selain itu, juga ada tiga perguruan tinggi di tiap kota yang turut berpartisipasi pada rangkaian kegiatan di atas, antara lain Institut Teknologi 10 Nopember, Universitas Mahardika, Universitas Ciputra, Universitas Brawijaya, Universitas Negeri Malang, Universitas Muhammadiyah Malang, Universitas Gajah Mada, dan Universitas Negeri Yogyakarta.

Setelah Yogyakarta, roadshow DSC|X akan hadir di kota Semarang (20/6), Bandung (25/6), Medan (4/7), Makassar (9/7), Bali, (16/7), dan kota terakhir sebagai penutup roadshow adalah Jakarta (23/7).

Pendaftaran DSC|X 2019 dibuka mulai 15 Mei lalu dan proposal bisnis yang masuk akan diseleksi untuk lolos ke tahap selanjutnya.

Tahap selanjutnya adalah audisi regional di lima kota yang akan menghadirkan presentasi dari 750 proposal terpilih. Peserta yang lolos audisi regional menuju ke audisi nasional yang menampilkan presentasi 100 proposal terbaik dari lima regional.

Selanjutnya, dipilih 20 proposal bisnis untuk mengikuti inkubasi dan para finalis akan akan mengikuti Grand Finale di De' Tjolomadoe dan melakukan pitching proposal bisnis di hadapan dewan komisioner dan publik untuk memperebutkan hibah modal usaha.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.