Sukses

Tiket Pesawat Mahal, Pelabuhan Boom Baru Siap Hadapi Lonjakan Penumpang

Liputan6.com, Palembang - Pelabuhan Boom Baru Palembang, Sumatera Selatan (Sumsel) bersiap menghadapi lonjakan penumpang ke dan dari Sumsel. Peningkatan jumlah penumpang ini diprediksi pascaharga tiket pesawat yang naik drastis menjelang lebaran.

General Manager PT Pelabuhan Indonesia II Cabang Palembang Agus Edi Santoso mengatakan, untuk tahun ini diprediksi kepadatan arus penumpang menjelang lebaran akan terjadi H-7 lebaran.

"Karena harga tiket pesawat yang naik, kemungkinan besar transportasi perairan ini akan lebih diminati dan tinggi permintaan. Berbagai fasilitas sudah kami siapkan," katanya di Palembang, Sabtu (17/5/2019).

Jumlah penumpang di Pelabuhan Boom Baru tahun 2018 sebanyak 62.000 orang per tahunnya. Namun diprediksi tahun ini akan terjadi lonjakan.

Mereka juga sudah mengantisipasi lonjakan penumpang, salah satunya meningkatkan kapasitas pekerjanya. Lalu memperbaiki ruang tunggu penumpang dan menambah jumlah kursi tunggu.

"Awalnya ruang tunggu ada 200 kursi penumpang, tapi sekarang kita tingkatkan jadi 300 kursi. Kita juga menerapkan Auto Gate System dengan teknologi yang tinggi," katanya.

Auto Gate System ini berfungsi untuk membatasi pengantar penumpang, agar tidak memadati ruang tunggu. Mereka juga membuka posko arus mudik dan arus balik di halaman pelabuhan Boom Baru tersebut.

"Kita bekerjasama dengan kepolisian, TNI, dinas kesehatan, dan lainnya untuk bersinergis memberikan pelayanan bagi masyarakat yang hendak mudik," kata dia.

Sebagai antisipasi lonjakan penumpang, pihak Pelabuhan Boom Baru sudah berkoordinasi dengan pemilik moda transportasi. Serta menambah 1 unit kapal di pelabuhan, untuk rute Palembang-Bangka.

2 dari 2 halaman

Safari Ramadhan BUMN

"Kegiatan Safari Ramadhan merupakan agenda rutin setiap kali memasuki bulan suci Ramadan, untuk mempererat tali silaturahmi dengan seluruh mitra kerja, stakeholder, instansi pemerintah dan seluruh lapisan masyarakat," ujarnya.

Safari Ramadhan ini juga bekerjasama dengan BUMN lainnya, yakni PT Perkebunan Nusantara VII (Persero) dan Perum Perumnas, dalam tajuk Safari Ramadan BUMN Hadir Untuk Negeri 2019.

Dalam kegiatan ini diundang 1.500 orang terdiri dari mitra kerja, pengguna jasa, stakeholder dan masyarakat. Santunan yang diberikan bagi 25 siswa/siswi sekolah berprestasi yang kurang mampu, mulai dari level Sekolah Dasar (SD) , Sekolah Menengah Pertama (SMP) dan Sekolah Menengah Atas (SMA).

"Pemberian bingkisan lebaran dan uang santunan kepada 1.000 anak yatim piatu dari 29 yayasan, dana bantuan perbaikan masjid, mushalla, pondok pesantren dan yayasan panti asuhan,” ucapnya.

Santunan lainnya yaitu 1.000 kitab suci Al-Quran kepada masjid, panti asuhan, lembaga pendidikan agama di kota Palembang.

Saksikan video pilihan berikut ini:

Loading
Artikel Selanjutnya
Bulog Sumsel Hanya Serap 31 Persen Beras Petani Lokal
Artikel Selanjutnya
Upaya Perusahaan Sawit Antisipasi Kebakaran Hutan dan Lahan di Sumsel