Sukses

Pencoblosan Ulang Pemilu 2019 di Manado Sepi Pemilih

Liputan6.com, Manado Komisi Pemilihan Umum (KPU) Provinsi Sulawesi Utara (Sulut) menetapkan Pemungutan Suara Ulang (PSU) di 53 Tempat Pemungutan Suara (TPS) yang tersebar pada 12 kabupaten/kota. Dari pencoblosan ulang pada 15 TPS di Kota Manado yang digelar Sabtu , 27 April 2019, terpantau sepi pemilih yang menggunakan hak suaranya.

"Sepertinya pemilih sudah yakin siapa yang menang, khususnya untuk Pilpres. Sehingga hanya sedikit yang datang ke TPS ikut pencoblosan ulang," ungkap Boy Rondonuwu, salah satu warga yang ditemui di Kelurahan Bahu, Kecamatan Malalayang, Manado.

Boy mengatakan, memang agak sedikit ramai adalah perbincangan terkait pemilihan legislative khususnya untuk DPRD Kota Manado karena ada beberapa caleg yang masih bersaing ketat.

"Apalagi ada informasi bahwa beberapa caleg melakukan politik uang untuk memobilisir pemilih," ujar Boy.

Berdasarkan pantauan dan data di sejumlah TPS, antusiasme pemilih untuk datang ke TPS menurun.

Di TPS 012 Kelurahan Kleak, Kecamatan Malalayang, dari 279 pemilih yang terdaftar di DPT belum mencapai 100 yang melakukan pencoblosan ulang. Di TPS 015 Kleak pemilih dalam DPT 284 dan baru 101 yang melakukan pencoblosan ulang hingga TPS di tutup oleh KPPS setempat. Kedua TPS ini melakukan PSU untuk Pilpres 2019.

Di TPS 026 Kelurahan Bahu dari 231 pemilih yang terdaftar dalam DPT, hingga pukul 13.09 Wita hanya 107 pemilih yang melakukan pencoblosan ulang. Padahal TPS ini melakukan PSU untuk 5 jenis Pemilu yaitu, Pilpres, Pilcaleg DRR RI, PPD, dan DPRD kota Manado.

"Mungkin karena hujan dan banyak juga yang melakukan ibadah bagi jemaat Advent sehingga kurang yang datang untuk mengikuti PSU," kata petugas KPPS setempat.

Pelaksanaan PSU ini ikut dipantau oleh pihak KPU dan Bawaslu Kota Manado, juga dari Polresta Manado.

Kapolresta Manado Kombes Pol Benny Bawensel mengatakan, sejak pagi hari pihaknya sudah memantau seluruh wilayah tempat dilakukannya pencobloslan ulang.

"Semua proses pencoblosan ulang berjalan dengan lancar dan aman. Ini juga berkat kesigapan aparat TNI dan Polri," Benny menandaskan.

 

Saksikan Video Pilihan DI Bawah Ini:

Loading
Artikel Selanjutnya
Pemilu Ulang di 6 TPS Kota Semarang Sepi Warga
Artikel Selanjutnya
KPU Manado Putuskan Pencoblosan Ulang di 15 TPS