Sukses

Sultan HB X: Kalah Menang Itu Biasa

Raja Keraton Yogyakarta sekaligus Gubernur DIY Sultan HB X menggunakan hak pilihnya di TPS 15, Kelurahan Panembahan Yogyakarta.

Liputan6.com, Yogyakarta - Raja Keraton Yogyakarta sekaligus Gubernur DIY Sultan HB X menggunakan hak pilihnya di Tempat Pemungutan Suara (TPS) 15 Kelurahan Panembahan Keraton Yogyakarta. Bersama istri GKR Hemas, keempat anak serta menantunya dan cucu mencoblos tak jauh dari keraton.

Berjalan kaki Sultan HB X datang ke TPS menggunakan batik merah sekitar pukul 07.24 WIB masuk di Ndalem Cokronegaran lokasi TPS. Masuk dalam daftar urut 91 dari 285 daftar pemilih tetap di TPS ini.

Usai mencoblos Sultan HB X berpesan untuk menghargai keputusan Pemilu 2019.

"Saya kira terserah masyarakat pilihan publik. Kalah menang itu biasa saja. Pilihan itu kan publik yang milih. Ya ikhlas saja," kata Sultan HB X, Rabu (17/4/2019).

Jika ada gugatan setelah Pemilu menurutnya diatur dalam UU. Namun paling penting adalah kejujuran dalam Pilu 2019.

"Gugatan sah-sah aja. Saya kira jujur saja artinya kalau selisih suara besar ya susah kenapa saya dikatakan kalah. Ya jujur saja," katanya.

Terkait ada anggapan adanya pengerahan massa jika salah satu paslon kalah dinilai tidak akan terjadi.

"People power gak lah. Harapan saya Indonesia lebih baik," katanya.

Sultan mengaku ia lebih mudah membaca surat suara melalui wajahnya. Sebab menurutnya secara psikologi orang lebih mudah mengenal wajah daripada nama.

"Kalo pemilih tidak dari rumah tidak ada pikiran mencari dia pahami agak lebih lama saya cenderung gambar orang daripada nama," katanya.

Sultan mengaku membutuhkan waktu lebih lama ketika mencoblos di Pemilu 2019 ini. Kurang lebih hampir 8 menit sampai selesai mencoblos.

* Ikuti Hitung Cepat atau Quick Count Hasil Pilpres 2019 dan Pemilu 2019 di sini

 

Simak juga video pilihan berikut ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.