Sukses

Mari Sarapan Binte Biluhuta, Masakan Jagung dari Gorontalo

Binte Biluhuta lebih akrab disebut Milu Siram oleh masyarakat Gorontalo. Masakan ini berbahan dasar jagung dan ikan tongkol.

Liputan6.com, Gorontalo - Nama masakan berbahan dasar jagung ini adalah Binte Biluhuta. Masyarakat Gorontalo lebih akrab menyebutnya Milu Siram. Masakan ini telah diwariskan turun-temurun dari nenek moyang orang Gorontalo.

Secara etimologi, Binte atau Milu berarti jagung, sementara Biluhuta dalam bahasa Gorontalo berarti siram. Masakan ini memanglah jagung yang dihidangkan dengan kuah kaldu yang sedap.

"Ya itu Binte Biluhuta, kalau kita di sini sebutnya Milu Siram atau Jagung Siram. Ini masakan yang wajib ada saat acara hajatan," kata Arina Anggia, salah seorang pemilik rumah makan yang menjual Binte Biluhuta kepada Liputan6.com, Minggu, (24/3/2019).

Selain berbahan dasar jagung, Binte Biluhuta juga disajikan dengan suwiran ikan tongkol atau ikan tuna yang sudah dibakar atau dimasak terlebih dahulu.

"Nah, ikan tongkol itu yang jadi ciri khasnya. Ikan itu bisa dimasak, tapi umumnya orang-orang pakai yang dibakar. Banyak juga yang pakai udang, tergantung yang masak," jelas Arina.

Untuk memperkaya rasanya, Binte Biluhuta ini menggunakan banyak bumbu dalam pembuatan kuahnya. Selain rempah-rempah, ada pula cabai, daun pepaya, dan jeruk nipis.

"Cabai ini yang membuat rada pedas, lalu ada rasa pahit dari daun pepaya dan rasa asam dari jeruk nipis. Makanya rasa kuahnya itu sangat gurih," jelas Arina.

 

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Bahan dan Cara Memasak

Bahan-bahan yang dibutuhkan dalam membuat Binte Biluhuta adalah jagung, ikan tongkol, cabai rawit secukupnya, bawang merah dan bawang putih yang diiris kasar, jeruk nipis, daun bawang, daun kemangi, daun pepaya, dan kelapa parut segar.

Sementara cara membuatnya adalah dengan cara membakar atau memasak ikan tongkol yang telah disiapkan hingga matang, kemudian disuwir-suwir.

Selanjutnya adalah merebus jagung yang telah dipipil sebelumnya. Bersamaan dengan itu, siapkan bumbu-bumbu untuk dicampurkan ke dalam rebusan jagung tersebut.

Jika telah siap, maka masukkan cabai rawit yang telah ditumbuk kasar, irisan bawang merah dan bawang putih ke dalam rebusan jagung itu. Lalu masukkan juga daun bawang, daun kemangi, dan daun pepaya secukupnya.

Tunggu hingga jagung telah matang, lalu masukkan suwiran ikan tongkol yang sebelumnya telah disiapkan. Lalu beri garam dan penyedap secukupnya. Dan yang terakhir, hidangan dengan perasan jeruk nipis.

Saksikan video menarik berikut:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.