Sukses

7 Makanan Khas Riau, Kelezatannya Wajib Banget Kamu Cicipi

Makanan khas Riau sangat dipengaruhi makanan Melayu dengan bumbu rempah-rempah yang kuat.

Liputan6.com, Jakarta Indonesia memiliki tradisi kuliner yang paling kaya di dunia. Kuliner Indonesia dipenuhi dengan cita rasa yang kuat yang tak diragukan lagi kelezatannya. Hal ini tak lepas dari keragaman budaya di tiap daerah di Indonesia.

Salah satu kuliner yang menarik untuk dicoba adalah makanan khas Riau. Riau sendiri merupakan sebuah provinsi di Sumatera. Riau terletak di bagian tengah pantai timur Pulau Sumatera, tepatnya di sepanjang pesisir Selat Melaka.

Saat berkunjung ke provinsi ini tak ada salahnya jika mencicipi makanan khas Riau. Nah apa saja makanan khas Riau yang patut dicoba saat melancong ke daerah ini?

Berikut ulasan mengenai makanan khas Riau yang berhasil Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber, Kamis (7/3/2019).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Makanan Khas Riau

Makanan khas Riau sangat dipengaruhi dengan makanan Melayu. Hal ini tak lepas dari Suku Melayu yang merupakan masyarakat terbesar yang mendiami daerah ini.

Berdasarkan Sensus Penduduk tahun 2010 menunjukkan bahwa Suku Melayu merupakan masyarakat terbesar dengan komposisi 33.20% dari seluruh penduduk Riau.

Makanan Melayu adalah masakan dari etnis Melayu di Malaysia, Indonesia khusunya bagian dari Sumatera dan Kalimantan Barat, Singapura, Brunei, Thailand Selatan dan Filipina.

Ciri utama dalam masakan Melayu adalah penggunaan rempah-rempah yang cukup banyak. Masakan melayu juga dijenal dengan penggunaan santan yang kaya akan rasa dan karakter kental di setiap hidangannya.

Bahan dasar lainnya adalah belacan (terasi), yang digunakan sebagai bahan dasar untuk sambal, saus yang kaya akan rasa atau bumbu yang terbuat dari terasi, cabai, bawang merah dan bawang putih. Masakan Melayu juga menggunakan serai dan lengkuas yang cukup banyak.

Karakter dari masakan Melayu inilah yang juga ditemui di makanan khas Riau. Makanan khas Riau juga dikenal dengan olahan seafood dengan rempah-rempahnya yang kuat. Riau rupanya mewarisi puluhan resep turun temurun dari nenek moyangnya.

Berikut beberapa makanan khas Riau yang wajib dicicipi saat Anda bertandang ke Provinsi Riau.

3 dari 4 halaman

Kuliner Riau yang mengugah selera

Gulai Ikan Patin

Makanan yang terkenal dari Provinsi Riau adalah Gulai ikan patin. Makanan Khas Riau ini tepatnya berasal dari Pekanbaru, Riau. Gulai ikan patin ini biasanya dinikmati dengan nasi hangat, dan pucuk daun ubi rebus.

Ciri khas dari gulai ini adalah potongan ikan patin yang disiram dengan kuahnya yang kuning. Cita rasa pedas manis pada kuah serta kenyal dan gurihnya ikan patin membuat masakan ini banyak diburu wisatawan saat berkunjung ke Riau.

Mie Lendir

Mungkin agak sedikit aneh saat mendengar nama dari kuliner satu ini. Namun, rasa dari Mie Lendir ini sudah tak diragukan lagi kenikmatannya.

Mie lendir terbuat dari mie kuning beserta toge, yang disiram dengan kuah kacang dicampur ubi dan rempah. Secara umum mie ini sama dengan mie jenis lainnya. Perbedaannya terletak pada kuah mie ini yang sangat kental hingga menyerupai lendir.

Gulai Belacan

Gulai Belacan merupakan makanan khas Riau yang wajib disantap ketika Anda berada di Riau. Belacan merupakan nama lain dari terasi yang begitu dikenal oleh orang Sumatera. Makanan khas daerah Riau ini dibuat dari bahan dasar berupa kuah yang telah dicampur dengan terasi. Selain itu terdapat pula daging, udang atau ikan.

4 dari 4 halaman

Makanan khas yang lezat

Roti Jala

Roti jala merupakan salah satu cemilan yang banyak ditemui di Riau. Roti ini terbuat dari tepung dengan bentuk mirip jala. Roti jala biasanya disatap dengan siraman kuah berupa kuah kari atau kuah durian. Roti Jala ini masih merupakan kudapan masyarakat melayu lho.

Mie Sagu

Seperti namanya, Mie sagu merupakan mie yang terbuat dari sagu. Mie sagu biasanya disajikan bersama ikan bilis, daun kucai, rebusan tauge, dan rempah lainnya. Mie ini dioleh dengan cara di goreng.

Makanan khas Riau satu ini cocok disantap bagi para pengidap diabetes atau yang sedang dalam program diet karena kadar gula dari sagu sendiri tidaklah terlalu tinggi dibanding dengan tepung lain.

Es Laksamana Mengamuk

Es Laksamana Mengamuk menjadi sajian khas masyarakat Riau terutama saat bulan puasa. Minuman tradisional khas Riau ini punya sejarah keberadaan yang panjang. Konon, nama minuman tradisional ini berasal dari cerita seorang laksamana yang mengamuk sambil menebas buah kueni, yang kemudian dijadikan minuman oleh para ibu.

Minuman ini terbuat dari mangga kuini, santan, selasih dan gula merah. Es Laksamana Mengamuk memang cocok diminum untuk mengusir dahaga karena rasanya yang menyegarkan.

Lopek Bugi

Lopek bugi merupakan camilan khas Riau. Camilan ini dulunya kerap disajikan untuk para bangsawan, namun saat ini lopek bugi sudah banyak ditemukan sebagai makanan khas Riau.

Lopek bugi terbuat dari ketan dan santan dibalut dengan daun pisang, didalamnya terdapat isian kelapa muda yang manis.

Nah, itu tadi ragam makanan khas Riau yang kelezatannya sayang banget buat dilewatkan. Makanan mana yang jadi favoritmu?

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini