Sukses

Wisata Air Toino, Menyusuri Drainase Bonebol dengan Perahu Apung

Tempat ini disebut dengan Wisata Air Toino, wisata yang digagas dari bulan januari itu pun kian viral di media sosial. setiap pengunjung yang datang mengaku melihat tempat ini dari media sosial.

Liputan6.com, Gorontalo - Siapa sangka jika drainase di Desa Talulobutu, Kecamatan Tapa, Kabupaten Bone Bolango (Bonebol), Gorontalo menjadi tempat wisata yang kini mulai digandrungi.

Pantauan Liputan6.com, setiap akhir pekan wisata buatan ini mulai diminati banyak orang, terlihat dari kalangan anak-anak, muda-mudi hingga orang tua mengunjungi tempat tersebut.

Tempat ini disebut dengan Wisata Air Toino, wisata yang digagas dari bulan januari itu pun kian viral di media sosial. setiap pengunjung yang datang mengaku melihat tempat ini dari media sosial.

"Saya tau tempat ini dari postingan beberapa teman saya yang sudah lebih dulu tau tempat ini, saya lihat sangat bagus dan ahirnya saya memutuskan untuk datang," ujar Yana Karim, salah satu pengunjung.

Pengunjung juga bisa menikmati wahana perahu apung yang dicat warna-warni sebagai tempat untuk duduk bersantai sembari menikmati sejuknya alam sekitar.

"Sembari melepas penat, kami juga tempat ini sangat cocok buat kami untuk berswafoto sebagai kebutuhan untuk diupload ke media sosial. Hanya dengan 2.000 rupiah kami bisa menikmati wahananya." tambahnya.

Yakob Musa salah satu pengelola mengatakan, lokasi wisata awalnya digagas sebagai bentuk keprihatinan warga terhadap drainase yang akhir-akhir ini menjadi tempat pembuangan sampah. Kemudian seluruh warga gotong-royong mulai menata agar aliran air itu bisa terlihat menarik.

"Kami melihat tempat ini sering banyak sampah, bahkan setiap harinya sampah menumpuk di aliran drainase ini, jadi dari pentingnya kebersihan ini kami dan masyarakat kemudian inovasi ini dan Alhamdulillah berhasil," kata dia.

Sementara itu Kepala Desa Talulobutu, Herman Eki mengatakan, inovasi ini sengaja dibuat unik untuk menarik perhatian warga dan sekaligus sosialisasi menjaga kebersihan lingkungan.

"Harapan saya semoga masyarakat bisa sadar dan mengerti pelestarian lingkungan untuk selalu bersih," kata dia.

Saksikan video pilihan berikut ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.