Sukses

Geger Kemunculan Buaya Muara Besar di Lokasi Terdampak Tsunami

Liputan6.com, Lampung - Warga sekitar Desa Merak Belantung, Kecamatan Kalianda, Kabupaten Lampung Selatan digegerkan dengan penemuan seekor buaya muara.

Informasi diterima, buaya berukuran besar itu ditemukan warga di Pantai Marina, Merak Belantung pada Sabtu 5 Januari 2019. Buaya itu kemudian berhasil diangkat ke daratan oleh puluhan warga dalam kondisi lemas.

Warga lantas mengikat mulut dan kaki buaya menggunakan tali tambang supaya tidak mengamuk.

Berdasarkan informasi, buaya muara tersebut sudah diamankan warga setempat dan aparat desa serta sudah dikoordinasikan dengan BKSDA melalui kapolsek setempat.

Sebelumnya, wilayah pesisir sekitarnya terdampak tsunami Selat Sunda terjadi pada Sabtu (22/12) malam, sehingga sejumlah destinasi wisata di Lampung Selatan dipastikan lumpuh, dilansir Antara.

Berdasarkan informasi Biro Komunikasi Publik Kementerian Pariwisata (Kemenpar) hasil pemantauan dan pendataan terkait dampak tsunami yang terjadi di Banten dan Lampung pada Sabtu (22/12) malam terhadap pariwisata di Banten dan Lampung menunjukkan hampir semua pantai yang berada di Kecamatan Bakauheni, Lampung Selatan terdampak tsunami, yaitu Pantai Tanjung Tuha, Pantai Minang Rua, dan Pantai Belebuk tak ada yang bisa dikunjungi wisatawan.

Begitupula dengan pantai di sepanjang pesisir Kecamatan Rajabasa, yaitu Pantai Kahai, Pantai Kunjir, Pantai Way Muli, Pantai Wartawan de Mansion, Pantai Banding, Pantai Canti, dan Pantai Batu Kapal juga lumpuh.

Pantai di sepanjang pesisir Kecamatan Kalianda juga sama, yaitu Pantai Maja, Pantai Kedu, Pantai Ketang, Pantai Laguna (Alau2), Pantai Bagus, Pantai Tanjung Beo, Pantai Sappenan, Hutan Mangrove Grand Elty, Pantai Kalianda Resort, Pantai Merak Belantung, Pantai Marina, dan Pantai Teluk Nipah terdampak tsunami pula.

Pulau Sebesi, Pulau Sekepel, dan Pulau Legundi juga terdampak tsunami itu, sehingga perlu waktu untuk pemulihannya sebagai objek wisata pantai andalan di daerah ini.

Tercatat tiga hotel di Lampung Selatan mengalami kerusakan, yaitu Hotel Wartawan de Mansion mengalami kerusakan pada 15 kamarnya, Hotel Grand Elty Krakatoa restorannya tersapu air, dan Kahaii Beach Resort yang mengalami kerusakan pada fasilitas di tepi pantai.

Saksikan video pilihan berikut ini:

Loading
Artikel Selanjutnya
Polri: Tidak Ada Penggerebekan di Rumah Andi Arief
Artikel Selanjutnya
Tanda Cinta Warga Sumbar, Rendang 1,4 Ton untuk Korban Tsunami Selat Sunda