Sukses

Perjuangan Cinta Pemuda Tanah Mandar, Nikahi Gadis Australia Tanpa Uang Panai

Liputan6.com, Mamuju - Zulkifli membuat warga sekitar rumahnya heboh. Pemuda asal Lingkungan Rawa, Kelurahan Binanga, Kecamatan Mamuju, Kota Mamuju, Sulawesi Barat ini berhasil mempersunting gadis asal Melbourne, Australia bernama Danielle Anne Rosenberg pada Jumat, 28 Desember 2018.

Kisah cinta mereka bermula pada Januari 2016 silam. Danielle kala itu berlibur ke Bali dan bertemu Zulkifli di sebuah kafe. Kebetulan kafe tersebut tempat Zulkifli bekerja sebagai penyanyi. Saat itu keduanya langsung akrab hingga bertukar akun Facebook.

"Kami ketemu di Bali, pertama saya liat di tempat live music. Saat itu saya nyanyi. Dia sebagai pengunjung," kata Zulkifli, Jumat 28 Desember 2018.

Sejak Danielle kembali ke Melbourne, keduanya tak pernah lagi saling bersua di media sosial. Hingga suatu ketika, di bulan Juli 2018 lalu Danielle berlibur lagi ke Bali dan bertemu dengan Zulkifli.

"Saya liat dia nonton video saya di Instagram, akhirnya saya beranikan diri memulai komunikasi dengan dia. Dan saat itu ternyata dia (Danielle) ada di Bali sedang liburan," ujar Zulkifli. 

Usaha Zulkifli melakukan pendekatan kepada Danielle berbuah manis. Danielle kepincut pada pemuda kelahiran 1994 itu saat diajak keliling mengunjungi tempat-tempat wisata di Bali. Bahkan setelah Danielle pulang ke Melbourne, komunikasi keduanya berlangsung intens.

"Kami berteman selama dua bulan, kami hanya video call, dan akhirnya kami pacaran," katanya.

Tak mau berlama-lama membuktikan cintanya kepada sang pujaan hati, Zulkifli terbang ke Australia untuk melamar Danielle sekaligus meminta restu dari orang tua gadis berusia 24 tahun itu.

"Saya disana (Australia) selama tiga bulan. Dan disitulah saya ajak dia nikah dan meminta restu dari orangtuanya," ucapnya.

2 dari 3 halaman

Tanpa Uang Panai

Zulkifli tak perlu merogoh kocek yang banyak untuk mempersunting gadis pujaan hatinya itu. Ia tak perlu repot-repot mempersiapkan uang panai sebagai persyaratan adat orang-orang suku Bugis dan Mandar pada umumnya.

"Dan kalau mau tahu maharnya, hanya seperangkat alat salat, uang 80 rial dan mas kawin. Tidak ada uang panai," kata dia.

Keluarga besar Danielle nyaris saja tidak bisa menghadiri resepsi pernikahan Zulkifli dan Danielle lantaran sibuk mempersiapkan perayaan Natal dan tahun baru di Australia. Namun mereka mau mengalah dan bersedia merayakan natal di Indonesia.

Alasan keluarga besar Danielle rela mengalah adalah karena mereka sangat tertarik dengan baju adat suku Mandar yang digunakan Zulkifli dan Danielle saat resepsi pernikahan.

"Pernikahan kami dihadiri oleh kedua orangtuanya, tantenya dan kerabatnya dari Australia dan juga ada dari Belanda," jelas Zulkifli.

3 dari 3 halaman

Danielle Masuk Islam

Dalam budaya kehidupan di Indonesia, pernikahan beda agama masih menjadi hal yang sangat tabu. Dengan sedikit bujuk rayu, Zulkifli mengajak Danielle memeluk agama Islam. Dengan senang hati, Danielle pun bersedia menjadi seorang mualaf karena meyakini jodohnya adalah Zulkifli.

Danielle masuk islam seminggu sebelum resepsi pernikhanya. Saat itu, Danielle diberi nama Sitti Hawaya sebagai . Wanita yang kini menjadi istri sah Zulkifli itu masuk islam dituntun mengucapkan dua kalimat syahadat oleh seorang imam di Masjid Syuhada, Mamuju

Saat ditanya apa yang membuatnya tertarik kepada Zulkifli, Danielle mengaku salah satu alasannya adalah karena suara Zulkifli bagus saat bernyayi. Alasan lainnya adalah karena Danielle merasa nyaman saat menjalin kasih dengan Zulkifli.

"Saya suka dia karena dia murah senyum, humoris, rajin, dan yang paling penting adalah saya suka suara dia saat menyanyi. Itu awal saya suka sama dia," ucap Danielle dalam bahasa Inggris.

Untuk sementara waktu, Zulkifli menimpali, ia dan istrinya akan menghabiskan waktu di Indonesia. Keduanya baru akan berangkat ke Australia pada Januari mendatang dan akan menetap disana.

"Kami akan tinggal disana, karena Anne kerja di sana. Saya akan bikin Visa Partner sehingga saya tidak perlu merubah kewarganegaraan saya. Saya juga rencana akan cari kerja disana. Insya Allah bulan Januari kami berangkat," Zulkifli.

Saksikan video pilihan menarik berikut:

Loading