Sukses

Semangat Melayani Warga dari dalam Gerbong Kereta

Liputan6.com, Surabaya - Di momen Hari Pahlawan, PT KAI menggelar bakti sosial pemeriksaan kesehatan gratis di daerah Benowo, Surabaya. Menariknya dalam kegiatan ini pemeriksaan medis dilakukan di dalam gerbong kereta api yang disulap menjadi Rumah Sakit berjalan.

Kereta tersebut bernama Rail Clinic, dikhususkan untuk membantu masyarakat kurang mampu dan kesulitan mengakses pelayanan kesehatan. Sejak dibuka pukul 08.00 WIB, ratusan masyarakat rela antri untuk memeriksa kesehatan.

"Masyarakat dilayani mulai jam 08.00 WIB pengobatan umum hadir 135, periksa kacamata 10, KIA 17, periksa gigi 9 orang. Selain itu kita juga ada pemberian kacamata gratis sebanyak 74 kepada siswa siswi SD Benowo 1 dan MI Benowo," tutur Gatut Sutiyatmoko Manager Humas PT KAI Daop 8, Surabaya, Sabtu (10/11/2018).

Gatut menambahkan, di kedokteran pelayanan Rail Clinic Stasiun Benowo, PT KAI bekerjasama dengan Alumni Fakultas Universitas Airlangga Surabaya dan menyiagakan tim kesehatan yang berasal dari internal pegawai PT KAI beserta dokter dari Unair.

"Kalau dokter dari Alumni unair terdiri dari spesialis penyakit jantung, spesialis dalam, anak, mata dan kandungan," katanya.

Jika pada KA terdapat bangku-bangku untuk penumpang, di dalam Rail Clinic berbeda. Masyarakat justru diperlihatkan perlengkapan medis sesuai dengan fungsi ruangannya.

PT KAI membagi setiap gerbongnya sesuai kebutuhan medis. Di gerbong pertama, seluruh tindakan medis dari pelayanan darurat yang meliputi bantuan hidup dasar atau CPR, alat monitoring pasien, tindakan minor, rekam jantung hingga penangan khusus dapat dilakukan.

Pada gerbong pertama ini juga, PT KAI membagi tiga bagian lain yakni ruang monitoring dokter, ruang tindakan, pemeriksaan gigi, dan laboratorium. Pada gerbong kedua, dilengkapi dengan ruang pemeriksan ibu hamil dan bersalin, ruang menyusui, ruang pemeriksaan umum dan ruang farmasi.

Di dalam Rail Clinic, ruang untuk bersalin memiliki ukuran 2×3 meter dan dilengkapi peralatan bersalin yang lengkap. Dokter yang ada di dalam ruang bersalin ini ada satu dokter kandungan dengan dua orang bidan untuk menangani persalinan.

Saksikan video pilihan berikut ini:

Artikel Selanjutnya
Kisah Kepahlawanan 13 Tokoh Masyarakat Banten dari Atas Rakit
Artikel Selanjutnya
Peringati Hari Pahlawan, Pejuang Bagi-Bagi Hadiah di SPBU Medan