Sukses

Pagi di Lereng Wilis, Menjemput Teh Bunga Rosela dan Kasih Bunda Maria

Lokasi warung penyaji teh bunga rosela persis di depan lokasi wisata religi Goa Maria Lordes.

Liputan6.com, Kediri - Jalan menanjak yang menghubungkan sejumlah lokasi wisata menjadi salah satu daya tarik bagi para pesepada untuk memilih rute. Seperti rute di jalan Kecamatan Semen, Kabupaten Kediri, yang berada di lereng kaki Gunung Wilis.

Rute yang melewati objek wisata religi Goa Maria Lordes di Desa Poh Sarang, Kecamatan Semen, Kabupaten Kediri ini terus ramai. Terlebih saat hari libur.

"Di rute ini, khususnya pada hari Minggu atau libur nasional banyak dijumpai para pesepeda yang berhenti untuk beristirahat di warung, sekaligus sekedar mencicipi hidangan tahu dan tempe goreng dipadu bumbu sambel pelengkap kecap pedas," tutur Anggara, ketua Komunitas Sepeda Kediri, beberapa waktu lalu.

Selain tahu dan tempe sambel kecap, di warung milik Margiono juga tersaji minuman khas lereng Gunung Wilis yaitu Teh Bunga Rosela.

Teh Bunga Rosela yang berwarna merah, dengan rasa sedikit asam ini memiliki Faedah yang baik untuk kesehatan di antaranya mampu menurunkan tekanan darah tinggi dan kolesterol. Satu gelas teh bunga Rosela hangat dijual Rp 3 ribu, sementara tahu, dan tempe goreng per bijinya dihitung seribu rupiah.

Dipadu dengan kelezatan tahu dan tempe goreng sambel kecap, tak salah jika teh bunga rosela menjadi pilihan favorit para pesepeda sebagai minuman pendamping. Para pesepeda meyakini bunga rosela juga mempunyai khasiat sebagai pengganti ion cairan tubuh yang hilang pasca berolah raga.

"Medan tidak terlalu berat, udaranya sejuk, dan teh roselane jos," kata Anggaran dengan logat jawa kental.

Lokasi warung Margiono persis di depan lokasi wisata religi Goa Maria Lordes, tentunya kesempatan ini tidak disia-siakan para pesepeda untuk berkunjung disana.

Goa Maria Lordes, lokasinya berada di dalam komplek Gereja Poh Sarang. Bangunan gereja di desain perpaduan antara keraton jawa dan Eropa. Disamping itu, di dalam juga terdapat berbagai patung atau miniatur di area lokasi jalan Salib.

Bagi pengunjung yang berasal dari luar kota yang ingin membeli buah tangan tak perlu cemas, karena di dalam juga terdapat pasar tradisional yang banyak menjual cindera mata atau makanan dan minuman khas Kediri.

Bagi yang ingin menginap, juga tak perlu cemas karena disekitaran lokasi wisata Religi banyak ditemui hotel, losmen mau pun penginapan yang tarifnya bervariatif.

Goa Maria Lordes terletak di lereng Gunung Wilis berada di ketinggian 400 meter diatas permukaan laut dengan suhu udara yang cukup sejuk. Gua ini terletak sekitar 10 kilo meter arah barat daya kota Kediri.

Saksikan video pilihan berikut ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.