Sukses

Gempa Situbondo Bikin Dua Rumah Rusak di Jember

Gempa Situbondo berkekuatan Magnitudo 6,3 yang terjadi dini hari Kamis (11/10/2018) juga dirasakan warga Jember, Jawa Timur.

Jember - Gempa Situbondo berkekuatan Magnitudo 6,3 yang terjadi dini hari Kamis (11/10/2018) juga dirasakan warga Jember, Jawa Timur.  Beberapa rumah ikut roboh akibat gempa. Namun tidak ada korban jiwa dalam peristiwa tersebut.

Rumah yang rusak akibat gempa di antaranya di Dusun Pondokmiri, Desa Pondokrejo, Kecamatan Tempurejo, Kabupaten Jember. Guncangan gempa Situbondo merobohkan tembok rumah milik Abdul Aziz (24).

Tidak ada korban jiwa dalam peristiwa tersebut. Namun kerugian materiil yang diderita pemilik rumah ditaksir mencapai Rp 12,5 juta.

"Kami bersama BNPB mengecek dampak gempa. Tembok dapur rumah Abdul roboh. Kemudian Tembok bangunan rumah retak," kata Kapolres Jember AKBP Kusworo Wibowo seperti dikutip Jawapos.com.

Gempa juga merusak rumah milik Zainal A, warga Dusun Botosari, Dukuh Mencek, Sukorambi, Jember. Korban ditaksir mengalami kerugian Rp 1 juta. "Tembok dapur ambruk akibat gempa," ungkapnya.

Hari ini, para kapolsek di Jember akan mengecek wilayahnya masing-masing.

"Bila ada rumah yang rusak, akan diadakan kerja bakti untuk meringankan beban warga," tuturnya.

Sebelumnya diberitakan, gempa bumi 6,3 SR mengguncang Situbondo, Kamis (11/10) dini hari. Berdasarkan data BPBD Jatim, ada 3 korban tewas dan beberapa rumah mengalami kerusakan. Daerah terparah terdampak gempa adalah Kecamatan Gayam, Kabupaten Semenep, Jatim.

Baca juga berita Jawapos.com lainnya di sini.

 

Simak juga video pilihan berikut ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.