Sukses

Penyebab Gangguan di PLTU Paiton hingga Bikin Bali Padam Listrik Total

Liputan6.com, Kediri - Ari Sih Rahmat, Supervisor Operasi PLN Area Kediri menginformasikan terjadi gangguan sistem di PLTU Paiton Probolinggo. Akibatnya, sebagian listrik di Jawa Timur padam mulai jam 11.27 WIB, meliputi Blitar, Nganjuk, Kediri, Madiun, Tulungagung, dan Trenggalek.

"Listrik padam ini karena adanya gangguan di sisi pembangkit bukan karena pemadaman yang direncanakan oleh PLN," tuturnya, Rabu, 5 September 2018.

"Penyebab gangguan saat ini dalam proses penelusuran pada sisi pembangkitan dan sisi transmisi," katanya.

Dikonfirmasi secara terpisah, Manajer Teknis PLN Rayon Probolinggo Kadek Adi Dwi Purwaka menyampaikan, PT PLN (Persero) melakukan pemadaman di sejumlah daerah di Jawa Timur (Jatim) dan Bali.

Prosedur itu dilakukan untuk menghindari pemadaman total (Blackout) di area Jawa-Bali menyusul suplai listrik sebesar 70 KV dari PLTU Paiton mengalami gangguan. "Saat ini padamnya listrik dikarenakan gangguan transmisi. Akibatnya tak hanya Probolinggo, beberapa kota lain juga padam," tuturnya.

Sementara itu, Manager Komunikasi Hukum dan Komunikasi PLN Distribusi Jatim, Dwi Suryo Abdullah mengatakan pemadaman yang terjadi pada Rabu, 5 September 2018, berlaku selama tiga jam. Pemadaman dimulai sekitar pukul 11.00 WIB.

Menurutnya, sejak dipadamkan, pihaknya langsung memperbaiki gangguan sehingga listrik diupayakan akan kembali normal dalam beberapa jam. Pemadaman listrik di wilayah barat Jawa Timur tidak bisa dihindari agar tidak terjadi pemadaman total di Jawa dan Bali.

"Secara SOP, secara prosedur harus lepas. Kalau tidak lepas, akan membahayakan sistem Jawa-Bali, agar tidak terjadi blackout atau padam total. Saat ini, di beberapa daerah sudah penormalan. Gardu induk sudah mulai normal tapi belum tuntas seluruhnya," katanya.

PT PLN (Persero) meminta maaf kepada seluruh pelanggan yang merasakan dampak atas pemadaman ini. "Atas nama PLN (Persero), mohon maaf atas terganggunya kenyamanan pelanggan yang diakibatkan ganguan di Paiton," kata Dwi.

 

 

2 dari 2 halaman

Ganggu Aktivitas

Terpisah, Kabag Humas Pemkot Kediri Apip Permana ketika dikonfirmasi menjelaskan, sebelumnya pihaknya sudah mengantisipasi dampak pemadaman listrik dengan menyediakan genset pembangkit listrik di kantor.

Apip menjelaskan, dalam kondisi apapun, aktivitas perkantoran harus tetap berjalan karena ini merupakan bagian dari bentuk pelayanan kepada masyarakat.

"Karena listrik menjadi salah satu faktor pokok dalam bekerja, tentunya berfungsi atau tidaknya berpengaruh," ujarnya melalui pesan singkat.

Padamnya listrik untuk area Kediri dan sekitarnya juga merepotkan pengurus tim sepak bola Persik Kediri. Canda Adi Surya selaku Media Officer Team sepak Bola Persik Kediri mengatakan, pemadaman ini membuat aktivitas adminitrasi menjadi terganggu.

"Listrik padam, akibatnya kita nggak bisa bekerja menggunakan komputer untuk keperluan adminitrasi. Selain itu kamar para pemain Persik juga menjadi gelap karena tidak ada penerangan," ucapnya.

Canda mengaku tidak tahu secara persis penyebab padamnya listrik. Namun, listrik padam sekitar pukul 11.30 WIB.

"Saya nggak tahu mas penyebabnya apa, saya baru justru dari medsos," ujarnya.

Saksikan video pilihan berikut ini:

Artikel Selanjutnya
Bandung Raya dan Cirebon Turut Gelap Gulita Akibat Gangguan PLTU Paiton
Artikel Selanjutnya
Misteri 'Pesta' Ulang Tahun Wanita yang Berujung Mati di Kediri