Sukses

Gangguan di PLTU Paiton, Listrik di Bali Padam Total

Liputan6.Liputan6.com, Denpasar - Listrik Bali padam total. Penyebabnya adalah gangguan yang terjadi pada sistem kelistrikan di PLTU Pacitan, Jawa Timur. Manajer Distribusi PT PLN Distribusi Bali, Eko Mulyo HW, menjelaskan matinya sistem kelistrikan Bali terjadi pada pukul 12.00 Wita.

"Penyebabnya adalah pembangkit Paiton ke luar dari sistem yang menyuplai 25 persen kelistrikan di Bali. Akibatnya, Bali mengalami black out," ujar Eko di Kantor PT PLN Distribusi Bali, Rabu (5/9/2018).

Saat ini, proses perbaikan masih dilakukan. Eko menuturkan, Bali saat ini mendapat pasokan dari Jawa sebesar 25 persen.

"Kita dapat pasokan kabel laut dengan daya 340 MW. Total daya mampu kita 1290 MW. Sisanya pembangkit ada di Pulau Bali. Siang tadi sebelum padam, beban puncak kita 680 MW," ujarnya.

Proses perbaikan segera dilakukan. Pukul 15.00 Wita, Eko melanjutkan, proses perbaikan dan pengaliran listrik sudah mencapai 75 persen. "Sekarang ini harusnya sudah selesai," katanya.

Sementara itu, ia belum bisa menjawab soal kompensasi bagi pelanggan yang mengalami kerugian akibat mati totalnya listrik Bali. "Ada masing-masing unit, ada TMP (Tingkat Mutu Pelayanan) berapa lama pelanggan dapat kompensasi, bisa nanti ditanyakan ke sana," tutur dia.

Ia mengaku akan mengevaluasi hal ini sebagai upaya perbaikan layanan ke depannya. "Kami akan evaluasi lagi. Ini pengalaman berharga bagi kami," ujarnya.

Saksikan video pilihan berikut ini:

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini

Tutup Video