Sukses

Ada Ratusan Pendaki Saat Hutan Gunung Buthak dan Panderman Kota Batu Terbakar

Liputan6.com, Batu - Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Batu, Jawa Timur, menyebut 10 hektare hutan di kawasan Gunung Buthak dan Gunung Panderman hangus terbakar. Beruntung, lebih dari 300 pendaki yang berada di gunung bisa cepat turun saat hutan terbakar.

Suhartono, tim reaksi cepat BPBD Kota Batu mengatakan, sampai saat ini kebakaran hutan itu belum bisa dipadamkan sepenuhnya lantaran lokasinya yang cukup jauh sehingga menyulitkan tim untuk membawa peralatan yang memadai.

"Lokasinya cukup jauh. Kami memadamkan secara manual menggunakan ranting dan daun. Dibuat juga sekat bakar agar tak menjalar,” kata Suhartono di Kota Batu, Sabtu (18/8/2018).

Kebakaran ini diketahui pada Jumat, 17 Agustus sekitar pukul 23.00 WIB. Saat itu, warga melihat kobaran api di antara Gunung Panderman dan Gunung Buthak. BPBD bersama masyarakat desa hutan dan Perhutani baru mulai naik untuk melakukan pemadaman.

Tim gabungan yang tahu ada 300 pendaki di Gunung Buthak untuk peringatan 17 Agustus, meminta mereka turun Gunung Panderman. Pada sore harinya, dipastikan tak ada satu pun pendaki yang tersisa di kawasan gunung tersebut.

Suhartono mengatakan, sampai petang ini belum semua titik api bisa dipadamkan. Titik api yang masih sulit untuk dipadamkan berada di area tebing Gunung Buthak. Kondisi medan yang sulit membuat tim harus bekerja keras untuk memadamkan seluruh titik api.

"Sebagian besar api sudah bisa dipadamkan. Area tebing Gunung Buthak masih ada titik api karena medannya tak memungkinkan," ujar Suhartono.

 

* Update Terkini Asian Games 2018 Mulai dari Jadwal Pertandingan, Perolehan Medali hingga Informasi Terbaru dari Arena Pesta Olahraga Terbesar Asia di Sini.

2 dari 2 halaman

Penyebab Kebakaran

BPBD Kota Batu belum bisa memastikan penyebab utama kebakaran tersebut. Apakah akibat kecerobohan pendaki atau suhu panas pada musim kemarau ini. Titik lokasi kebakaran itu berada di padang sabana yang tak jauh dari lokasi perkemahan para pendaki.

"Belum bisa memastikan apa penyebabnya. Terpenting semua pendaki selamat dan kebakaran bisa dipadamkan," ujar Suhartono.

Dari beberapa informasi, ratusan pendaki di kawasan Gunung Buthak masih sempat mengabadikan kepulan asap hasil kebakaran hutan. Sedangkan, selama api masih belum bisa sepenuhnya dipadamkan, pendakian ke gunung tersebut sementara ini ditutup.

Gunung Buthak dan Gunung Panderman di Kota Batu pernah dilanda kebakaran hebat pada 2011 silam. Saat itu, lebih dari 210 hektare hutan lindung hangus terbakar. Pemicu kebakaran saat itu diduga akibat kecerobohan para pendaki pemula.

 

Simak video pilihan berikut ini: