Sukses

Penemuan Jenazah Korban Gempa Lombok dalam Posisi Duduk

Liputan6.com, Mataram - Tim Pencarian dan Pertolongan (SAR) gabungan menemukan satu korban gempa dalam keadaan meninggal dunia karena tertimbun longsoran di Dusun Dompo Indah, Kabupaten Lombok Utara, Nusa Tenggara Barat, Selasa, 14 Agustus 2018.

Kepala Badan SAR Nasional Marsdya TNI M. Syaugi mengatakan korban yang ditemukan tersebut bernama Muhiddin (33), warga Dusun Dompo Indah, Kecamatan Kayangan, yang tertimbun longsoran ketika gempa bumi berkekuatan 7 pada Skala Richter mengguncang Pulau Lombok pada 5 Agustus.

Posisi korban dari tebing rumahnya sekitar 20 meter dan terkubur longsoran sedalam dua meter. Lelaki itu ditemukan dalam posisi duduk sekitar pukul 10.34 Wita.

"Jenazah langsung diserahkan ke bapak dan ibunya yang hadir dan menyaksikan langsung proses evakuasi," kata Syaugi, yang didampingi Deputi Bidang Operasi dan Kesiapsiagaan Basarnas Mayjen TNI Nugroho, dan Kepala Kantor SAR Mataram selaku SMC I Nyoman Sidakarya, dilansir Antara.

Syaugi mengucapkan bela sungkawa kepada keluarga korban dan mohon didoakan agar empat korban yang masih dalam pencarian dapat segera ditemukan. Tiga korban hilang di antaranya bernama Lalu Hendra Ziriadi (33), dan kedua anak lelakinya, Lutfi (9) dan Fatih, yang berusia 1 tahun 7 bulan. Mereka diduga tertimbun longsoran di Dusun Dompo Indah.

Satu korban lain yang belum ditemukan adalah Saepul Bahri (30), warga Dusun Busur Timur, Desa Rempek, Kecamatan Gangga, Lombok Utara, yang juga diduga tertimbun longsoran.

Tim SAR gabungan dengan berkekuatan 99 personel dari unsur Basarnas, TNI, Polri dan potensi SAR, mengerahkan dua eskavator di lokasi longsor. Alat lain yang digunakan seperti tersebut lima unit alat penyembur air jenis alkon serta peralatan konvensional berupa cangkul dan sekop serta anjing pelacak milik Ditsatwa Polda NTB.

"Keselamatan tim juga penting. Saya melihat sendiri medannya. Tebing vertikal setinggi 30 sampai 50 meter persis di atas lokasi pencarian itu sangat berisiko longsor, mengingat adanya retakan-retakan besar di permukaan tebing," kata Syaugi.

* Update Terkini Asian Games 2018 Mulai dari Jadwal Pertandingan, Perolehan Medali hingga Informasi Terbaru dari Arena Pesta Olahraga Terbesar Asia di Sini.

Saksikan video pilihan berikut ini:

Segerombolan Belalang Serbu Kota di Rusia

Tutup Video
Loading
Artikel Selanjutnya
Top 3: Potret Menakjubkan Pesawat Asing Ditemukan di Segitiga Bermuda
Artikel Selanjutnya
NASA: Akibat Gempa, Permukaan Tanah Pulau Lombok Naik Sekitar 25 Cm