Sukses

Para Manusia Tangguh dari Lokasi Bencana Dahsyat Gempa Lombok

Liputan6.com, Mataram - Di tengah kerapuhan yang dialami para korban gempa Lombok yang belum juga reda, kehadiran mereka yang mau total membantu patut diacungi jempo. Mereka ini benar-benar manusia tangguh, dari anggota Basarnas, TNI, Polri, hingga relawan.

Mereka bahu membahu untuk membantu sesama manusia. Sungguh luar biasa.

Dilansir Antara, sekumpulan cerita mereka yang berjuang tanpa mengenal waktu dan tak terpengaruh dengan nasib keluarganya yang juga menjadi korban amuk patahan di perut bumi itu, dirajut jadi satu.

I Gusti Agung Ary Suardana terpaksa meninggalkan keluarganya yang terdampak gempa karena harus bertugas menjaga Pulau Gili Trawangan setelah gempa tektonik berkekuatan 7 Skala Richter mengguncang wilayah Lombok dan sekitarnya pada 5 Agustus 2018.

Sebagai anggota Tim Pencarian dan Pertolongan (SAR) Mataram Agung, ia melawan rasa was-was yang meliputinya saat memikirkan anak dan istrinya yang tinggal di teras dan bruga (bale-bale) di halaman rumah mereka yang terdampak gempa di Jalan Gusti Jelantik, Pagesangan Timur, Kecamatan Mataram.

"Sekarang istri dan anak-anak saya tinggal di teras dan bruga karena khawatir ambruk jika terjadi gempa kembali. Saya was-was juga memikirkan keluarga, tapi ini tugas yang wajib, harus dilaksanakan demi kemanusiaan," katanya kepada Antara di Mataram, Minggu, 12 Agustus 2018.

Bersama timnya, Agung tidur dengan perlengkapan ala kadarnya di Pantai Pelabuhan Bangsal, Kecamatan Pamenang, Kabupaten Lombok Utara. Ia belum berani menempati bangunan pos milik TNI Angkatan Laut di sana, khawatir masih ada gempa susulan.

"Saya tidur di pantai saja," katanya.

Setiap hari, Agung menyisir Gili Trawangan, Gili Air, dan Gili Meno untuk mengawasi dan memantau situasi pasca-gempa. "Saya sejak Minggu (5/8/2018) sampai sekarang masih stand by di Pelabuhan Bangsal," kata Agung, yang rutin berkomunikasi dengan keluarganya menggunakan telepon seluler.

Ia lalu menuturkan pengalaman terberatnya saat mengevakusi wisatawan asing dari Gili Trawangan dari Minggu, 5 Agustus 2018, sampai Selasa, 7 Agustus 2018, yang membuatnya tidak bisa beristirahat.

Agung mengungkapkan bahwa perjalanan timnya menuju Pelabuhan Bangsal pasca-gempa tidak mudah. Mereka sempat menghadapi longsoran tanah dalam perjalanan. Setelah itu, ia bersama kawan-kawannya harus menangani wisatawan asing yang berlomba-lomba ingin naik ke kapal evakuasi di Gili Trawangan.

Seusai evakuasi itu, Agung bersama rekan-rekannya sempat membantu evakuasi di Masjid Jamiul Jamaah di Dusun Pansor, Pamenang, Lombok Utara, tempat orang-orang yang saat gempa sedang beribadah terjebak di reruntuhan masjid.

Agung berharap gempa segera berlalu. "Dan semoga kondisi masyarakat yang terdampak gempa segera pulih, baik secara mental maupun materiil," katanya.

Sementara itu, Pratu Muhammad Alfian Rezatana, personel Korps Pasukan Khusus Lanud Halim Perdanakusuma, menyemangati korban gempa saat menjadi khatib Salat Jumat, pekan lalu, di SDN 5 Gondang, Lombok Utara.

"Allah SWT itu sayang kepada kita, hingga memberikan cobaan kepada kita," katanya.

* Update Terkini Asian Games 2018 Mulai dari Jadwal Pertandingan, Perolehan Medali hingga Informasi Terbaru dari Arena Pesta Olahraga Terbesar Asia di Sini.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Gerak Para Relawan

Sejumlah relawan berhasil menjangkau desa terisolasi yang terdampak gempa tektonik 7 Skala Richter di Pulau Lombok. Relawan dari Gerakan Nasional Koin untuk Lombok sampai ke Desa Kekait, Gunungsari, dan Sandiq untuk menyerahkan bantuan bagi korban gempa.

"Mereka lakukan penyaluran makanan dan non-makanan untuk bayi seperti susu, biskuit, obat dan popok serta terpal," kata Amin Sudarsono, Koordinator Gerakan Nasional Koin untuk Lombok.

Sebelumnya, Wakil Ketua DPR Fahri Hamzah mengatakan beberapa tim dalam koordinasinya juga secara simultan masih fokus bergerak ke daerah-daerah terisolasi.

"Tim relawan pusat maupun lokal dari KAKAMMI, Lentera Anak Desa (LAD), Fahri Voice, Indonesia Relief dan Yayasan Dhiaul Fikri secara simultan bergerak sejak pertama kali gempa 29 Juli 2018," katanya.

Relawan-relawan tersebut membagikan bantuan logistik untuk korban gempa di pelosok-pelosok desa di Lombok Barat selain Lombok Utara, yang paling parah terdampak gempa.

"Trauma healing juga. Kemarin relawan kami bisa menembusnya," kata Fahri.

Hingga Sabtu, 11 Agustus 2018, korban gempa di Dusun Tangga, Kahayang, Lombok Utara, yang berada di daerah perbukitan Gunung Rinjani, belum tersentuh bantuan pemerintah.

Sementara itu, korban gempa 7 Skala Richter (SR) di Desa Senaru, Lombok Utara, Nusa Tenggara Barat, sudah bisa mengatasi ketiadaan air bersih setelah mendapatkan bantuan alat filter air dari relawan.

"Kita Sabtu (11/8/2018) kemarin, mendistribusikan dan mengajari warga Desa Senaru untuk menggunakan filter air supaya lebih praktis," kata Indriyatno, relawan yang juga dosen Program Studi Kehutanan Universitas Mataram.

Jadi, kata dia, dengan adanya alat filter air itu bisa mengurangi permasalahan ketiadaan air bersih selama ini yang menjadi kendala sehari-hari bagi korban gempa. Air minum itu cukup disaring tanpa harus dimasak mengingat sumber mata air yang putus.

"Airnya diambil dari sungai. Warga dengan hati-hati menuruni lereng karena khawatir longsor," katanya yang aktif di Lembaga Bumighora unit tempat usaha komunitas.

Pendistribusian 20 unit filter air juga yang dilakukan di Desa Sokong Tanjung yang kondisi sanitasi yang rencah dan berisiko menimbulkan diare dan muntaber tinggi. Alat filter air itu merupakan bantuan dari Yayasan Lingkungan Tanpa Batas Indonesia. Pihaknya juga memperkenalkan WC kering atau toilet kompos.

Saksikan video pilihan berikut ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.