Sukses

Penemuan Batu Misterius di Gunungkidul

Pertama kali batu misterius tersebut viral di masyarakat saat pekerja mencoba mengeruk tanah ladang untuk membuat jalan.

Gunungkidul - Warga Gunungkidul dikejutkan oleh temuan batu berwujud aneh. Tidak hanya itu, warga juga kesulitan saat memindahkan batu misterius itu. Batu aneh yang diselimuti misteri itu ditemukan di wilayah Dusun Kenteng, Desa Karangasem, Kecamatan Paliyan, Gunungkidul. Warga setempat meyakini batu aneh itu memiliki nilai sejarah.

Ketua Dewan Kebudayaan Gunungkidul, CB Supriyanto, mengatakan sudah mendengar adanya kabar penemuan batu misterius itu, tetapi ia juga belum tahu pasti kelanjutannya, dan menurut dia itu perlu penelitian lebih lanjut.

"Sudah dengar adanya kabar penemuan batu tersebut, tetapi memang perlu diteliti lagi lebih jauh oleh yang ahli di bidangnya. Jika memang bernilai sejarah atau budaya ya harus dijaga," ujarnya.

Ia mengatakan, peran masyarakat penting untuk melindungi benda-benda yang bernilai sejarah atau budaya. Laporan dari masyarakat nantinya juga akan ditindaklanjuti.

Pengurus Komunitas Sadar Sejarah di Paliyan Manahati, Dwi Arinto, mengatakan pertama kali batu tersebut viral di masyarakat saat pekerja mencoba mengeruk tanah ladang untuk membuat jalan.

"Awalnya saat mengeruk tanah untuk jalan setapak warga dengan backhoe ditemukan batu ini yang bentuknya kotak dan lubang bulat di tengah. Sepertinya dua ini, tapi terpecah-pecah jadi enam bagian," katanya, Rabu, 8 Agustus 2018, sebagaimana dilaporkan Harian Jogja (Solopos.com grup).

Menurut dia, benda tersebut jika dilihat dari bentuknya merupakan lumpang atau tempat menumbuk. Namun, hal tersebut perlu dipastikan oleh yang lebih ahli di bidangnya menurut Rinto.

"Memang perlu dipastikan lagi apa benda tersebut dan umurnya sudah berapa lama. Namun, untuk sementara pastinya akan dijaga dahulu. Kemarin dari pihak desa, kepolisian juga sudah datang," ujarnya.

Ia menceritakan saat pemindahan batu tersebut awalnya cukup kesulitan dan muncul beberapa misteri keanehan. Seperti batu tersebut tidak mau untuk diangkat dan menyangkut di backhoe.

Sementara itu, pemilik lahan Harjo, Winoto, mengatakan sebenarnya batu misterius tersebut sudah ada semenjak ia kecil, dan ditemukan oleh ayahnya. "Dulu dianggapnya hanya batu biasa. Ya, nanti akan diberikan tempat untuk mengamankan batu tersebut," dia menandaskan.

Baca berita menarik lainnya dari Solopos.com di sini.

Simak video pilihan berikut ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.