Sukses

Hilang Sehari Semalam, Gadis Banyumas Ditemukan Duduk di Dekat Sumur Tua

Gadis Banyumas yang hilang sehari semalam itu sempat diikuti ibunya saat keluar rumah.

Liputan6.com, Banyumas - Warga Grumbul Kemlaka, Desa Gunung Wetan, Kecamatan Jatilawang, Banyumas, Jawa Tengah, heboh bukan kepalang. Salah satu warganya, seorang gadis muda, Nur Khotimah (24) mendadak raib, Minggu, 22 Juli 2018.

Ibunda korban, Kusmiati (41) menuturkan seusai mandi, Nur Khotimah meminta uang jajan. Biasanya, uang itu digunakan Nur untuk membeli makanan ringan di warung terdekat sekitar rumah.

Usai memberikan uang, Kusmiati pun melanjutkan pekerjaan rumahnya, melipat baju. Mendadak, Nur keluar rumah.

Mengetahui Nur keluar rumah, Kusmiati mengikutinya. Sebab, gadis muda itu memang sedang depresi. Ia khawatir terjadi apa-apa dengan anak gadisnya ini.

"Ibunya sedang merapikan baju tiba-tiba korban keluar rumah mengarah ke utara, mengetahui korban keluar rumah ibunya berusaha mengikuti namun kehilangan jejak," kata Komandan Tim Reaksi Cepat (TRC) BPBD Banyumas, Kusworo, Senin sore, 23 Juli 2018.

Sadar kehilangan jejak, Kusmiyati pun segera meminta tolong kepada tetangganya untuk membantu mencari. Namun, pencarian yang difokuskan di sekitar Grumbul Kemlaka tak membuahkan hasil.

Hingga beranjak siang, gadis Banyumas itu tak juga ditemukan. Keluarga akhirnya melapor ke pemerintah desa yang lantas meneruskannya kepada kepolisian dan BPBD Banyumas.

Ciri-ciri korban yang berambut ikal sebahu dan bertinggi badan 155 sentimeter ini pun disebar. Saat meninggalkan rumah, gadis muda ini memakai kaos batik warna putih dan celana panjang loreng.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Pencarian Diperluas ke Perbukitan Kemlaka

Pencarian lantas dilanjutkan oleh tim SAR gabungan dan warga. Tetapi hingga larut malam pencarian yang sudah merambah area lebih luas, tak jua menampakkan hasil. Gadis muda ini seolah raib ditelan bumi.

Keesokan harinya, pencarian kembali dilanjutkan dengan area pencarian yang diperluas. Puluhan relawan tambahan pun kembali bergabung untuk turut membantu pencarian.

Selain BPBD, beberapa kelompok relawan lain yang bergabung di antaranya, Linmas Gunung Wetan, Banser Banyumas, Perangkat Desa Gunung Wetan, dan warga setempat.

"Pencarian di fokuskan di wilayah bukit sebelah utara Grumbul Kemlaka," Kusworo menjelaskan.

Rupanya, nasib baik masih memihak gadis muda yang hilang sehari semalam ini. Ia ditemukan dalam kondisi selamat dan sehat.

Hanya saja, lokasi penemuannya aneh. Nur Khotimah ditemukan di wilayah Luwung atau sumur tua. Saat ditemukan, korban sedang duduk.

Jarak antara sumur tua perbukitan Kemlaka dari rumah korban sekitar tiga kilometer. Ia ditemukan sekitar pukul 10.45 WIB, Senin, usai dicari sehari semalam.

"Lalu korban dievakuasi turun oleh tim SAR gabungan bersama warga sekitar," Kusworo menerangkan.

Saksikan video pilihan berikut ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.