Sukses

Top 3 Berita Hari Ini: Asyik Bermain, Bocah Asal Bandung Mendadak Lumpuh Total

Bandung - Top 3 berita hari ini, Guillain-Barre Syndrome (GBS) menyerang seorang bocah asal Kabupaten Bandung, Jawa Barat, bernama Arjuna Arya Atarahman berumur 6 tahun. Awalnya, Arya mengeluh badannya tidak bisa digerakkan.

Lambat laun, kondisi bocah laki-laki yang masih duduk di bangku kelas 2 SD ini semakin memburuk. Hingga akhirnya Arya didiagnosis mengalami lumpuh total.

Guillain-Barre Syndrome (GBS) adalah penyakit yang mengacaukan kerja sistem kekebalan tubuh mandiri (auto-immune disease). Penyakit langka ini tidak menyerang jantung maupun organ tubuh Arya yang lain. 

Hingga saat ini, dokter masih meninjau kondisi Arya setelah pengobatan Plasmapheresis.

Sementara itu, ikan predator asal Brasil yang biasa diperdagangkan secara bebas oleh warga Palembang, Sumatera Selatan (Sumsel), kini dilarang oleh Badan Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA) setempat.

Karena jika para pedagang melanggar aturan tersebut, selain diwajibkan membayar denda hingga miliaran rupiah, mereka akan dipenjara paling lama 6 tahun. 

Berikut berita terpopuler dalam Top 3 Berita Hari Ini:

1. Terserang Guillain-Barre Syndrome, Bocah Asal Bandung Mendadak Lumpuh

Arjuna Arya bocah berusia enam tahun penderita GBS (Istimewa)

Arjuna Arya dibawa ke RSUD Majalaya, Kabupaten Bandung. Ketika diperiksa oleh dokter ternyata Arjuna Arya mengidap Guillain-Barre Syndrome (GBS).

Hati kedua orangtua Arjuna Arya pun langsung hancur begitu dokter memvonis anak tunggal mereka terserang penyakit langka GBS, sebuah penyakit yang mengacaukan kerja sistem kekebalan tubuh mandiri (auto-immune disease).

GBS merupakan salah satu penyakit langka di mana sistem kekebalan tubuh menyerang saraf. Hal ini mengakibatkan ia mengalami kelumpuhan total.

Selengkapnya...

2. Jauh-Jauh dari Hollywood, Matt Damon Blusukan Lihat Jamban di Batang

Aktor Matt Damon (paling kiri) melihat jamban warga saat berkunjung ke Batang, belum lama ini. (Solopos.com/Istimewa)

Aktor terkenal Hollywood yang juga co-founder Water.org, Matt Damon, didampingi CEO Water.org, Gary White, blusukan ke desa-desa di Kabupaten Batang dan Kendal, Jawa Tengah.

Kunjungan dimulai pada 3 Juli di Kantor Pusat Koperasi Mitra Dhuafa (Komida) di Lenteng Agung, Jakarta Selatan.

Komida adalah salah satu mitra pertama Water.org Indonesia yang memiliki 230 cabang dari Aceh di Barat ke Pulau Timor di Timur Indonesia dan 502.000 klien dengan 100% adalah perempuan.

Mereka juga berkesempatan datang ke salah satu rumah anggota Komida, Wanuti (35). Ibu tiga anak ini sangat bersemangat menunjukkan kepada Gary White dan Matt Damon toilet baru mereka.

Selengkapnya...

3. Matinya Perdagangan Ikan Aligator di Pasar Tradisional Palembang

Ikan Aligator yang diserahkan pedagang Pasar Burung Palembang ke tim SKIPM Palembang (Dok. Humas SKIPM Palembang / Nefri Inge)

Tak hanya ikan warna-warni saja, para pencinta ikan hias pun kerap kali berburu jenis ikan-ikan unik dan langka, salah satunya ikan aligator. Ikan predator asal Brasil ini menjadi satu dari beberapa jenis ikan hias yang harganya cukup menguras isi kantong.

Untuk ukuran ikan aligator sepanjang lebih dari 1 meter, bisa dijual hingga Rp 2 juta.

Usai ditemukan ikan aligator di perairan Komering di Kabupaten Ogan Komering Ilir (OKI), Sumsel, pada Jumat, 29 Juni 2018, peredaran ikan ini di Palembang semakin terkuak.

Ternyata, ikan aligator yang disebut warga sebagai ikan buaya ini sudah lama ditemukan di perairan Sungai Musi dan diperdagangkan secara bebas. Namun sekarang, mereka tidak berani lagi membeli dan menjual kembali ikan ilegal ini.

Jika melanggar, para pedagang akan didenda miliaran rupiah dan hukuman 6 tahun penjara.

Selengkapnya...

Saksikan video pilihan di bawah ini:

Loading
Artikel Selanjutnya
Sempat Ricuh, Massa Aksi Mahasiswa di Kantor DPRD Jabar Bubarkan Diri
Artikel Selanjutnya
Top3: Formula E Tutup Jalan dan Keunggulan Smart SIM